Iklan_1

Education & Financial Konsulting

Education & Financial Konsulting
Education & Financial Konsulting

Agrobisnis & Pariwisata

Agrobisnis & Pariwisata
Agrobisnis & Pariwisata

Digital & Network Development

Digital & Network Development
Digital & Network Development
Sejarah SMK Al- Ihya Seajambe

Yogi Iskandar

4/14/2016

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Al – Ihya Selajambe yang  didirikan pada tahun awal tahun 2007 tepatnya berdiri pada tanggal 14 Februari 20...

Sejarah SMK Al- Ihya Seajambe

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Al – Ihya Selajambe yang  didirikan pada tahun awal tahun 2007 tepatnya berdiri pada tanggal 14 Februari 2007 oleh Yayasan Al – Ihya Kuningan dan didukung penuh Disdik Kabupaten Kuningan di areal tanah seluas 2Ha, dari Masyarakat dan Desa Selajambe. SMK Al- Ihya Selajambe didirikan dan dinaungi oleh Yayasan Al – Ihya Kuningan dengan menghabiskan dana 750 Juta, Yayasan ini merupakan sebuah Yayasan Pendidikan tertua di Kabupaten Kuningan yang diketuai oleh Drs. H. Djadjuli, M.Pd.I.
Secara geografis Pendirian SMK Al- Ihya Selajambe  dilatar belakangi oleh tidak adanya SLA di Kecamatan Selajambe yang telah lama menjadi Kecamatan. SMK Al- Ihya Selajambe  didirikan karena disekitar 25 desa terdekat yang tersebar pada 4 (empat) kecamatan pinggiran daerah Kabupaten Kuningan tidak terdapat SLA berkualifikasi kejuruan.
Melalui, hal tersebut menjadi motivasi bagi Yayasan Al- Ihya Kuningan, Dinas pendidikan Kabupaten, Pihak Kecamatan dan Pihak  Pemerintah Desa Selajambe beserta seluruh lapisan tokoh masyarakat yang ada di Desa Selajambe untuk membangun lembaga pendidikan berbasis menengah kejuruan. 
Dengan adanya, lembaga pendidikan berbasis kejuruan para tokoh pendiri SMK Al- Ihya Selajambe dapat menaruh harapan sumber daya manusia yang terdapat di wilayah kecamatan selajambe dapat meningkatkan kompetensinya serta mampu menghadapi tantangan berikut.
Letak Geografis SMK Al- Ihya Selajambe  yang strategis dengan dikelilingi 25 desa terdekat yang berada di daerah Kabupaten Kuningan dan dikelilingi 15 desa yang berada di daerah Kabupaten Ciamis menjadi salah satu rujukan diminatinya SMK Al- Ihya Selajambe  oleh masyarakat dari 40 desa tersebut.
Diantara dua kabupaten tersebut di atas bukan bearti tidak terdapat SMK yang lain, akan tetapi masyarakat lebih berminat dikarenakan jangkauan jarak terhadap SMK Al- Ihya Selajambe  lebih dekat, hal inipun dipengaruhi oleh kemampuan ekonomi masyarakat yang tidak mampu menyekolahkan anak – anak mereka pada SMK dengan jangkauan jarak sangat jauh. Pada sebaran sekitar 40 Desa di dua daerah kabupaten tersebut di atas terdapat tidak kurang dari 20 sekolah tingkat SLP yang kesemuanya berdekatan mengelilingi SMK Al- Ihya Selajambe.

Kemajuan SMK Al-Ihya Selajambe dengan dorongan kepercayaan masyarakat bisa dikatakan sangat cepat, hal tersebut dengan dibuktikan hanya dalam waktu 8 tahun dari semenjak didirikan SMK Al- Ihya Selajambe  mampu terakreditasi “A”. Hal ini dilakukan oleh pihak sekolah semata-mata bahwa SMK Al- Ihya Selajambe  Kabupaten Kuningan harus menjadi salah satu urat nadi masyarakat daerah terpencil dan masyarakat tidak mampu supaya bisa cerdas dan produktif sehingga pada akhirnya diharapkan masyarakat dapat mencapai sejahtera dan makmur.

Share Post:

Yogi Iskandar


Yogi Iskandar

Yogi Iskandar

Sponsor By:

SUBSCRIBER


SUBSCRIBER

Iklan_Foot