Iklan_1

Education & Financial Konsulting

Education & Financial Konsulting
Education & Financial Konsulting

Agrobisnis & Pariwisata

Agrobisnis & Pariwisata
Agrobisnis & Pariwisata

Digital & Network Development

Digital & Network Development
Digital & Network Development
Poposal Usaha Ok

Yogi Iskandar

2/05/2016

Proposal Usaha B’bridal Butik Oleh: Empat  BAB I PENDAHULUAN 1.1.    Nama dan Alamat Perusahaan Nama perusahaan        : ...

Poposal Usaha Ok

Proposal Usaha B’bridal Butik
Oleh: Empat


 BAB I
PENDAHULUAN


1.1.   Nama dan Alamat Perusahaan
Nama perusahaan        : B’bridal Butik
Alamat perusahaan      : Jl. Kemang Selatan, No. 17  – Jakarta
No. Telp                      : (021) 8401767

1.2.  Nama dan Alamat Pemilik
Nama pemilik 
:
Priyanti Kusuma Sari
Alamat pemilik
:
Jl. Makmur no. 39a Lubang Buaya – Jakarta
No. Telp

085776587657

1.3.  Nama dan Alamat Penanggung jawab
Nama
:
Nansy Achyati Leonita
Alamat
:
Pintu Air RT/01 RW/04, Raya Bogor - Depok
No. Telp
:
08896543271

1.4. Nama dan alamat sekertaris
Nama          :    Niken Tyagitha
Alamat       :    RTM no 56, Kelapa Dua – Depok
No. Telp     :    081234657867
1.5.  Informasi tentang bisnis yang dilaksanakan
Perusahaan kami bergerak di bidang perdagangan  yang menjual berbagai aneka baju serta fashion yang pastinya uptodate dan cocok dengan selera masyarakat jakarta, khususnya untuk kaum remaja dan dewasa.
Sebelum kami menjalankan perusahaan yang kami rencanakan ini, maka kami harus mempunyai modal usaha. Untuk merencanakan pemasaran, perusahaan kami akan mempromosikan dan mendistribusikan produk kami melalui pasar tradisional maupun pasar modern yang mudah terjangkau oleh para pembeli/konsumen.
Adapun maksud dan tujuan kami mendirikan perusahaan ini yaitu:
1) Berperan aktif dalam bidang bisnis dan kewirausahaan,
2) Menyediakan kebutuhan fashion bagi masyarakat, supaya lebih mudah
3) Mengurangi tingkat pengangguran,
4) Menjalin persahabatan antara pelanggan, dan
5) Mendapatkan keuntungan atau laba.

BAB II
RANGKUMAN EKSEKUTIF

2.1.   Latar Belakang
Dengan semakin berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan fashion, maka kami berinisiatif untuk membuka suatu usaha butik yang up to date dan mengerti akan kebutuhan masyarakat.
Perumahan di kemang merupakan perumahan yang relatif baru dibangun dan mayoritas masyarakat di Perumahan tersebut adalah adalah masyarakat yang mempunyai pola pikir yang sudah maju dan modern. Mereka seringkali mencari fashion-fashion ataupun kebutuhan lainnya yang ter up to date.
Daerah sekitar Perumahan ini sangat tepat untuk membuka usaha butik, karena hingga saat ini sangat sedikit sekali atau boleh dikatakan belum ada tempat yang memberi pelayanan kebutuhan fashion di sekitar.
Perusahaan Bisnis Butik ini berdiri atas kerjasama serta keinginan anak muda yang memiliki hobi dan kegemaran yang sama dalam bidang fashion, karena sering bertemu dalam berbagai kegiatan di bidang fashion dan desain, generasi muda ini mencetuskan mendirikan sebuah usaha Distro yang dinamakan B’bridal yang berdiri di Kemang Selatan, lingkungan yang memiliki tingkat pendidikanpengetahuan tentang mode, tapi masih minim dalam mempromosikan pentingnya kebutuhan fashion dalam yang baik dan bekualitas bagi masyarakatnya.
B’bridal Butik didirikan untuk mempelopori kecintaan Pemudi dalam bidang fashion yang up to date tanpa melupakan corak & cirri khas Indonesia.

2.2.   Visi dan Misi
Visi               :    Mitra dan solusi bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal fashion yang up to date untuk memberikan warna dan gaya dalam kehidupan.
Misi              :    Memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi kepuasaan pelanggan.
2.3.   Lokasi
Lokasi yang dipilih merupakan tempat yang strategis di Perumahan Komp. Kemang karena berada tidak jauh dari Pusat Kota, lokasi mudah terlihat dan berada di jalan utama perumahan yang merupakan jalan lalu lalang masyarakat sekitar sehingga dapat dengan mudah dicari dan didatangi.
2.4.   Ruangan / Tempat yang dibutuhkan
Ruangan / Tempat yang dibutuhkan pada awal membuka usaha butik ini tidak terlalu luas dan juga tidak terlalu sempit, yakni 1 ruangan ukuran 9m x 11m.
2.5.   Waktu Operasional
Waktu untuk melakukan pelayanan usaha butik ini dibuka dari pukul 10.00 pagi sampai dengan pukul 20.00.
2.6.   Kesan / Counter Style
Kesan yang akan kami bangun dalam melayani pelanggan adalah ”Comfortable and High Quality Service with smile” sehingga pelanggan merasa nyaman berada di tempat pelayanan kami dan membuat mereka selalu ingin kembali karena pelayanan yang memuaskan.
2.7.   Konsep Promosi
Membuat sebuah display di pintu gerbang perumahan dan mengandalkan informasi dari pelanggan ke pelanggan serta menyediakan brosur promosi.
Selain itu, kami juga membuat advertisement secara on-line di internet agar bisa dijangkau masyarakat luas dengan cara melakukan transaksi atau pun bisnis on-line. Dengan cara ini kami optimis B’bridal butik akan lebih mudah dan cepat dikenal oleh masyarakat.
2.8.   Target Pelanggan
Target pelanggan Butik ini adalah : Pemudi yang sedang terpengaruh oleh fashion- fashion yang uptodate. Mereka adalah pengguna baju-baju yang memiliki ciri khas tertentu.


BAB III
ANALISIS INDUSTRI

3.1.   Prespektif Masa Depan Usaha
Dengan terciptanya tempat usaha yang bergerak di bidang perdagangan, khususnya dalam hal fashion dengan lokasi yang strategis, maka kami yakin usaha ini akan maju. Karena kebutuhan dan permintaan akan fashion di kalangan masyarakat terutama sekitar Perumahan Kemang Selatan pada saat ini sangat besar.

3.2.   Analisis Persaingan
Berdasarkan pemantauan dan hasil survey yang ada bahwa di sekitar lokasi tempat yang kami dirikan usaha butik
 ini masih belum terdapat sebuah tempat belanja pakaian dengan suasana yang nyaman dan kekeluargaan.

3.3.   Segmentasi Pasar yang akan dimasuki
B’bridal membidik pasar kelas menengah ke bawah, dengan pemberian harga yang terjangkau. Pada prinsipnya kami akan membuka usaha ini dengan suasana kekeluargaan dan pelayanan yang baik, sehingga membuat masyarakat merasa puas dengan layanan kami dan senantiasa kembali ke tempat kami. Karena segmen pasar usaha Butik ini cenderung kemasyarakatan sehingga hal ini dapat memicu persaingan dengan usaha butik lainnya.
Pada awalnya pemenuhan permintaan pakaian dapat dipenuhi dari butik , akan tetapi dengan semakin tinggi populasi rakyat, maka kemampuan butik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat semakin rendah. Hal ini mendorong kami untuk melakukan pelayanan yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan




BAB IV
DESKRIPSI USAHA

4.1.   Produk yang dihasilkan
Semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan pakaian dan fashion lainnya sehingga menghabiskan sampai 3 lusin pakaian dalam sehari, belum termasuk aksesoris yang semakin marak digunakan oleh masyarakat, khususnya oleh anak remaja.
Adapun kualitas produk atau mutu produk yang kami hasilkan memiliki beberapa keunggulan:
§  Berkualitas tinggi dan dapat memuaskan konsumen,
§  Bermacam-macam bentuk dan ukurannya dengan style yang uptodate
§  Hasil sablon sangat rapi dan tidak mudah luntur walau beberapa kali cuci.
Kegunaan produk
Sebagai kebutuhan sehari-hari dengan berbagai macam fungsi dan manfaat
Selain itu, produk yang kami pasarkan mempunyai beberapa keistimewaan, diantaranya :
§  Harga terjangkau oleh kemampuan konsumen,
§  kualitas produk terjamin
§  sesuai dengan selera masyarakat


4.2.   Ruang Lingkup Usaha
Ruang lingkup lingkup usaha butik ini kami rancang dengan sebaik mungkin karena semua itu bisa berpengaruh terhadap maju mundurnya perusahaan kami, maka dari itu kami berusaha memberikan sesuatu yang terbaik untuk konsumen.
Perusahaan B’bridal Butik terletak di Jl. Kemang Selatan, No. 17  – Jakarta. Butik ini  sudah memenuhi persyaratan berdirinya sebuah perusahaan, karena lokasi tersebut tidak terlalu jauh dari pemukiman penduduk dan akses transportasi menuju lokasi perusahaan sudah lancar.

4.3.   Personalia dan Perlengkapan Kantor
­   Pemilik                           :     Empat
­   Penanggung Jawab      :     Nansy Achyati Leonita
­   Sekretaris                      :     Niken Tyagitha
­   Bendahara                     :     Nikki Oktivani



BAB V
RENCANA PRODUKSI


5.1.   Proses Produksi
Proses produksi yang kami jalankan dalam perusahaan B’bridal Butik ini dapat dilihat pada bagan berikut :

5.2.   Sumber-sumber Produk / Bahan
Untuk sumber-sumber bahan baku atau supplier pakaian, kami mengambil dari supplier atau perusahaan yang sudah terjamin dan terbukti kualitas pakaiannya dengan model dan corak yang menarik konsumen tentunya. Sehingga dengan begitu tidak merugikan berbagai pihak, baik dari pihak perusahaan maupun konsumen yang membelinya.



BAB VI
RENCANA PEMASARAN

6.1.   Penetapan Harga
Harga yang akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat sekitar. Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya kami tetapkan sebagai harga awal berikut adalah tabel harga jasa produk yang ditawarkan. adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya.
No.
Jenis Produk
Harga
1
Kemeja
> Rp. 120.000,- s/d Rp. 300.000,-
2
Kaos
> Rp. 65.000,- s/d Rp. 200.000  ,-
3
Jeans
> Rp. 200.000,- s/d Rp. 350.000,-
4
Gaun 
> Rp. 300.000,- s/d Rp. 450.000,-
5
Kerudung
> Rp.   35.000,- s/d Rp. 90.000,-
6
Rok
> Rp. 135.000,- s/d Rp. 250.000,-
7
Jaket
> Rp. 300.000,-
8
Aksesoris
Rp. 24.500,- s.d Rp. 78.900,-



6.2.   Pelaksanaan Distribusi
Distribusi yang dilakukan perusahaan kami yaitu distribusi intensif, diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual produk sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati konsumen, sehingga lebih mudah dalam penjualannya dalam menghasilkan keuntungan yang sebanyak-bantaknya. 

6.3.   Strategi Promosi yang akan dilakukan 
Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
§  Membuat pamphlet-pamflet berisi produk – produk baru yang akan ditempel tiap bulannya.
§  Melakukan iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
§  Membuat catalog-katalog mengenai fashion yang sedang uptodate di Butik
BAB VII
PERENCANAAN ORGANISASI

7.1.   Job Description
§  Pemilik usaha bertugas untuk memantau jalannya usaha dan menerima laporan sebulan sekali dari hasil usaha.
§  Sekretaris bertugas untuk membuat surat-surat yang dubutuhkan oleh perusahaan, mencatat data.
§  Bendahara bertugas untuk membuat laporan keuangan setiap bulannya.
§  Penanggung jawab bertugas untuk bertanggung jawab mengenai kejadian-kejadian yang terjadi di distro dan bertanggung jawab untuk memantau cara kerja bawahannya dalam melayani pelanggan.
§  Karyawan bertugas melayani para pelanggan distro dengan menerapkan prinsip pelayanan prima.

7.2.   Latar Belakang Tim Management
Latar belakang tim management ini terdiri dari dari orang-orang terdekat yang dipercayai dapat memajukan tempat pelayanan yang berhubungan dengan usaha butik. Selain itu dituntut profesionalisme dalam menjalankan setiap pekerjaan.
Status Kepemilikan Usaha
Badan usaha adalah kesatuan yuridis ekonomis yang bertujuan untuk mencari keuntungan. Adapun status kepemilikan distro B’bridal butik yaitu perseroan. Dimana pengelolaannya di lakukan langsung oleh pemilik butik. 



BAB VIII
RISIKO

8.1.   Evaluasi tentang kelemahan Usaha (Analisis SWOT)
Strength (Kekuatan)
1.      Bertanggung jawab, disiplin kerja, kreatif dan inovatif
2.      Dapat memenuhi kebutuhan pelanggan
3.      Memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan
4.      Menjual produk yang berkualitas
Weaknes (Kelemahan)
1.      Persaingan pasar dengan perusahaan yang berskala nasional
2.      Berubahnya kondisi perekonomian
Oportunity (Peluang)
1.      Dengan tetap manjaga mutu dan kualitas produk, kami yakin kami dapat bersaing walaupun harus bersaing dengan perusahaan berskala nasional yang akan muncul di kemudian hari.
2.      Saat ini dengan belum adanya perusahaan dengan bidang usaha sejenis di Komp. Garut Indah, membuat kami yakin bahwa kedepannya perusahaan kami akan maju.
Threaty (Ancaman) : Munculnya Perusahaan - perusahaan baru yang sejenis yang berusaha menyaingi perusahaan kami, dengan style-style terbaru.

8.2.   Gambaran tentang Masa Kini
Resiko yang dihadapi adalah berupa ancaman terhadap kelangsungan jumlah kunjungan pelanggan. Hal ini disebabkan semakin banyaknya Butik-butik maupun outlet-outlet yang menjual pakaian dengan lebih mudah dan murah yang berskala internasional. Dengan ini maka lambat laun akan semakin banyak orang yang mengunjungi butik lainnya. Sebagai upaya untuk mengantisipasi hal ini, maka kami selalu memberikan dan menyediakan produk yang terbaru dan tentunya sesuai dengan selera dan kebutuhan masyarakat. Dengan begitu pelanggan akan memiliki keterkaitan dan terus merasa perlu untuk datang ke tempat kami.


BAB IX
PERENCANAAN PERMODALAN

9.1.   Sumber-sumber permodalan
Sebagai sumber awal mula pendirian B’bridal butik yaitu dari pemilik Butik sendiri. Sebagai investasinya untuk itu didirikanlah perusahaan dalam bidang perdagangan
.
9.2.   Neraca Permulaan Perusahaan
a)      Biaya produksi per tahun terdiri dari:
1.      Modal Awal produksi
Renovasi Awal & Desain Interior
Rp.   90.000.000,-
Kulakan baju grosir
Rp. 500.000.000,-
Biaya Soft Opening dan Promosi awal
Rp.     7.000.000,-
Biaya gaji karyawan tahun pertama
Rp.   55.000.000 ,-  +
Jumlah Modal Produksi
Rp. 652.000.000,-

2.      Biaya lain-lain
§  Listrik                                                   Rp. 14.000.000,-
§  Asuransi                                                Rp. 10.000.000,-
§  Transportasi                                          Rp.   7.500.000,-
§  Administrasi                                         Rp.   4.500.000,-
§  Pajak                                                     Rp.   2.750.000,-
§  Pemeliharaan gedung dan peralatan     Rp.   5.000.000,-  +
Jumlah biaya lain-lain                           Rp. 43.750.000,-
Total seluruh biaya produksi (1 + 2)
Jumlah modal produksi                              Rp. 700.000.000,-
Jumlah biaya lain-lain                                             Rp.   50.750.000,-    +
Total                                                                       Rp. 750.750.000

9.3.   Proyeksi Aliran Kas
Untuk butik kami proyeksi keuntungan kotor adalah 30% dari penghasilan. Rata-rata untuk distro kami ini, akan mampu menjual sekitar 970 lebih juta pertahun, sehingga jika diambil keuntungan bersih pertahun adalah sekitar 250 – 300 juta pertahun.
Sehingga, pada tahun kedua, kami sudah bisa balik modal. Dan tahun ke  3, 4 dan seterusnya, kami tinggal mengumpulkan untung dan kemungkinan besar kami gunakan untuk ekspansi ke luar daerah.
9.4.   Perencanaan Laba Rugi
INVESTASI
JUMLAH (RP)
Biaya tetap

1.      Penyusutan gedung dan peralatan
Rp.   7.000.000,-
2.      Gaji pegawai
Rp. 70.000.000,-
Jumlah
Rp. 77.000.000,-


Biaya variable/ produksi

Kulakan baju grosir
Rp. 500.000.000,-
Jumlah
Rp. 500.000.000,-


Biaya-biaya lain

1.   Listrik                                     
2.   Asuransi                                             
3.   Transportasi    
4.   Administrasi
5.   Pajak               
Rp. 14.000.000,-
Rp. 10.000.000,-
Rp.   7.500.000,-
Rp.   4.500.000,-
Rp.   2.750.000,-
Total Modal produksi
Rp. 43.750.000,-
TOTAL MODAL (PENGELUARAN)
Rp. 750.750.000,-


Pendapatan

Penjualan aneka pakaian dan fashion
Rp. 970.000.000,-
TOTAL PENDAPATAN
Rp. 970.000.000,-


PROYEKSI LABA/RUGI(KEUNTUNGAN)
Total Pendapatan
Total modal / Pengeluaran

Rp. 970.000.000,-
Rp. 750.750.000,-
TOTAL KEUNTUNGAN BERSIH
Rp. 219.250.000,-





BAB X
APENDIKS

Sebagai pelangkap dari proposal ini, maka kami lampirkan pula
1.      Daftar Harga dari Pemasok Barang
2.      Surat Tanda Daftar Usaha Perdagangan
3.      Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)


contoh TANDA DAFTAR USAHA PERDAGANGAN (TDUP)


DEPARTEMEN PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN REPUBLIK INDONESIA
KANTOR DEPARTEMEN PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN
KABUPATEN/KOTA JAKARTA
TANDA DAFTAR USAHA PERDAGANGAN (TDUP)
NOMOR : _____________
1.      Nama Perusahaan                                :  B’BRIDAL BUTIK
2.      Merek (milik sendiri/lisensi)                :  B’BRIDAL
3.      Alamat Kantor Perusahaan                 :  Jl. Kemang Selatan, No. 17  – Jakarta
4.      Nama Pemilik/ penanggung Jawab     :  Priyanti
5.      Alamat Pemilik/ Penanggung Jawab   :  Jl. Makmur no. 39a Lubang Buaya – Jakarta
6.      Nomor Pokok wajib pajak (NPWP)    :  1.381.789.8-435
7.      Bidang Usaha ; Barang/ Jasa              :  Barang
8.      Nilai Investasi Perusahaan Seluruhnya           : Tidak termasuk tanah dan bangunan Tempat usaha
9.      Jenis Kegiatan usaha                           :  Perdagangan
10.  Jenis barang/ jasa dagangan Utama    :  Pakaian
TDUP ini diterbitkan dengan ketentuan :
Pertama
:
Tanda daftar Usaha Perdagangan (TDUP) ini berlaku untuk melakukan kegiatan Usaha Perdagangan.
Kedua
:
pemilik/ Penanggung Jawab wajib menyampaikan laporan kegiatan usaha perdagangan setiap tahun sekali.
Ketiga
:
Tidak berlaku untuk kegiatan Perdagangan Berjangka komoditi,    kecuali telah memenuhi ketentuan. Persyaratan yang ditetapkan untuk melakukan kegiatan perdagangan berjangka komiditi ketentuan  perundang-undangan yang berlaku
Dikeluarkan di                        : Jakarta
Pada Tanggal              : 7 Januari 2014
Ka .  Kandep Perindustrian dan Perdagangan
Tembusan                    :
  1. Menteri Perindustrian dan Perdagangan U.P. sekretaris Jenderal
  2. Inspektur jenderal depperindag
  3. Dirjen Perdagangan dalam Negeri depperindag
  4. Ka. Pusdatin depperindag
  5. Ka. Kanwil depperindag
  6. Pertinggal

Sumber : aiirm59.blogspot.com
Anggota :
  • Priyanti Kusuma Sari
  • Nansy Achyati Leonita
  • Niken Tyagitha
  • Nikki Oktivani
  • Nurul Aini
  • Prasidha Dibya
  • Raden Ardila
  • Radina Dwi
  • Raisa Iga











Share Post:

Yogi Iskandar


Yogi Iskandar

Yogi Iskandar

Sponsor By:

SUBSCRIBER


SUBSCRIBER

Iklan_Foot