Proposal Usaha B’bridal
Butik
Oleh: Empat
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Nama
dan Alamat Perusahaan
Nama perusahaan :
B’bridal Butik
Alamat perusahaan :
Jl. Kemang Selatan, No. 17 – Jakarta
No. Telp : (021)
8401767
1.2. Nama
dan Alamat Pemilik
Nama pemilik
|
:
|
Priyanti Kusuma Sari
|
Alamat pemilik
|
:
|
Jl. Makmur no. 39a Lubang Buaya – Jakarta
|
No. Telp
|
|
085776587657
|
1.3. Nama
dan Alamat Penanggung jawab
Nama
|
:
|
Nansy Achyati Leonita
|
Alamat
|
:
|
Pintu Air RT/01 RW/04, Raya Bogor - Depok
|
No.
Telp
|
:
|
08896543271
|
1.4. Nama dan alamat sekertaris
Nama : Niken Tyagitha
Alamat : RTM no 56, Kelapa
Dua – Depok
No. Telp : 081234657867
1.5. Informasi
tentang bisnis yang dilaksanakan
Perusahaan kami bergerak di bidang perdagangan yang menjual berbagai aneka baju serta
fashion yang pastinya uptodate dan cocok dengan selera masyarakat jakarta,
khususnya untuk kaum remaja dan dewasa.
Sebelum kami menjalankan perusahaan yang kami rencanakan
ini, maka kami harus mempunyai modal usaha. Untuk merencanakan pemasaran,
perusahaan kami akan mempromosikan dan mendistribusikan produk kami melalui
pasar tradisional maupun pasar modern yang mudah terjangkau oleh para
pembeli/konsumen.
Adapun maksud dan tujuan kami mendirikan perusahaan ini
yaitu:
1)
Berperan aktif dalam bidang bisnis dan kewirausahaan,
2)
Menyediakan kebutuhan fashion bagi masyarakat, supaya lebih mudah
3)
Mengurangi tingkat pengangguran,
4)
Menjalin persahabatan antara pelanggan, dan
5)
Mendapatkan keuntungan atau laba.
BAB II
RANGKUMAN EKSEKUTIF
2.1. Latar Belakang
Dengan semakin berkembangnya dan semakin
tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan
kebutuhan fashion, maka kami berinisiatif untuk membuka suatu usaha butik yang
up to date dan mengerti akan kebutuhan masyarakat.
Perumahan di kemang merupakan
perumahan yang relatif baru dibangun dan mayoritas masyarakat di Perumahan
tersebut adalah adalah masyarakat yang mempunyai pola pikir yang sudah maju dan
modern. Mereka seringkali mencari fashion-fashion ataupun kebutuhan lainnya
yang ter up to date.
Daerah sekitar Perumahan ini sangat
tepat untuk membuka usaha butik, karena hingga saat ini sangat sedikit sekali
atau boleh dikatakan belum ada tempat yang memberi pelayanan kebutuhan fashion
di sekitar.
Perusahaan Bisnis Butik ini berdiri atas kerjasama serta
keinginan anak muda yang memiliki hobi dan kegemaran yang sama dalam bidang
fashion, karena sering bertemu dalam berbagai kegiatan di bidang fashion dan
desain, generasi muda ini mencetuskan mendirikan sebuah usaha Distro yang
dinamakan B’bridal yang berdiri di Kemang Selatan, lingkungan yang memiliki
tingkat pendidikanpengetahuan tentang mode, tapi masih minim dalam
mempromosikan pentingnya kebutuhan fashion dalam yang baik dan bekualitas bagi
masyarakatnya.
B’bridal
Butik didirikan untuk mempelopori kecintaan Pemudi dalam bidang fashion yang up
to date tanpa melupakan corak & cirri khas Indonesia.
2.2. Visi dan Misi
Visi : Mitra dan solusi bagi masyarakat
dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal fashion yang up to date
untuk memberikan warna dan gaya dalam kehidupan.
Misi : Memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik dan
berkualitas demi kepuasaan pelanggan.
2.3. Lokasi
Lokasi yang dipilih merupakan tempat
yang strategis di Perumahan Komp. Kemang karena berada tidak jauh dari Pusat
Kota, lokasi mudah terlihat dan berada di jalan utama perumahan yang merupakan
jalan lalu lalang masyarakat sekitar sehingga dapat dengan mudah dicari dan
didatangi.
2.4. Ruangan / Tempat yang dibutuhkan
Ruangan / Tempat yang dibutuhkan
pada awal membuka usaha butik ini tidak terlalu luas dan juga tidak terlalu
sempit, yakni 1 ruangan ukuran 9m x 11m.
2.5. Waktu Operasional
Waktu untuk melakukan pelayanan
usaha butik ini dibuka dari pukul 10.00 pagi sampai dengan pukul 20.00.
2.6. Kesan / Counter Style
Kesan yang akan kami bangun dalam
melayani pelanggan adalah ”Comfortable and High Quality Service with smile”
sehingga pelanggan merasa nyaman berada di tempat pelayanan kami dan membuat
mereka selalu ingin kembali karena pelayanan yang memuaskan.
2.7. Konsep Promosi
Membuat sebuah display di pintu
gerbang perumahan dan mengandalkan informasi dari pelanggan ke pelanggan serta
menyediakan brosur promosi.
Selain itu, kami juga membuat
advertisement secara on-line di internet agar bisa dijangkau masyarakat luas
dengan cara melakukan transaksi atau pun bisnis on-line. Dengan cara ini kami
optimis B’bridal butik akan lebih mudah dan cepat dikenal oleh masyarakat.
2.8. Target
Pelanggan
Target pelanggan Butik ini adalah :
Pemudi yang sedang terpengaruh oleh fashion- fashion yang uptodate. Mereka
adalah pengguna baju-baju yang memiliki ciri khas tertentu.
BAB III
ANALISIS INDUSTRI
3.1.
Prespektif Masa Depan Usaha
Dengan terciptanya tempat usaha yang bergerak di bidang
perdagangan, khususnya dalam hal fashion dengan lokasi yang strategis, maka
kami yakin usaha ini akan maju. Karena kebutuhan dan permintaan akan fashion di
kalangan masyarakat terutama sekitar Perumahan Kemang Selatan pada saat ini sangat
besar.
3.2.
Analisis Persaingan
Berdasarkan pemantauan dan hasil survey yang ada bahwa di
sekitar lokasi tempat yang kami dirikan usaha butik
ini masih belum
terdapat sebuah tempat belanja pakaian dengan suasana yang nyaman dan
kekeluargaan.
3.3.
Segmentasi Pasar yang akan dimasuki
B’bridal membidik pasar kelas menengah ke bawah, dengan
pemberian harga yang terjangkau. Pada prinsipnya kami akan membuka usaha ini
dengan suasana kekeluargaan dan pelayanan yang baik, sehingga membuat
masyarakat merasa puas dengan layanan kami dan senantiasa kembali ke tempat
kami. Karena segmen pasar usaha Butik ini cenderung kemasyarakatan sehingga hal
ini dapat memicu persaingan dengan usaha butik lainnya.
Pada awalnya pemenuhan permintaan pakaian dapat dipenuhi dari
butik , akan tetapi dengan semakin tinggi populasi rakyat, maka kemampuan butik
untuk memenuhi kebutuhan masyarakat semakin rendah. Hal ini mendorong kami
untuk melakukan pelayanan yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan
BAB IV
DESKRIPSI USAHA
4.1. Produk
yang dihasilkan
Semakin tingginya kebutuhan
masyarakat akan pakaian dan fashion lainnya sehingga menghabiskan sampai 3
lusin pakaian dalam sehari, belum termasuk aksesoris yang semakin marak
digunakan oleh masyarakat, khususnya oleh anak remaja.
Adapun kualitas produk atau mutu
produk yang kami hasilkan memiliki beberapa keunggulan:
§ Berkualitas tinggi dan dapat memuaskan konsumen,
§ Bermacam-macam bentuk dan ukurannya dengan style yang
uptodate
§ Hasil sablon sangat rapi dan tidak mudah luntur walau
beberapa kali cuci.
Kegunaan produk
Sebagai kebutuhan sehari-hari dengan
berbagai macam fungsi dan manfaat
Selain itu, produk yang kami
pasarkan mempunyai beberapa keistimewaan, diantaranya :
§ Harga terjangkau oleh kemampuan konsumen,
§ kualitas produk terjamin
§ sesuai dengan selera masyarakat
4.2. Ruang
Lingkup Usaha
Ruang lingkup lingkup usaha butik ini kami rancang dengan
sebaik mungkin karena semua itu bisa berpengaruh terhadap maju mundurnya
perusahaan kami, maka dari itu kami berusaha memberikan sesuatu yang terbaik
untuk konsumen.
Perusahaan B’bridal Butik terletak di Jl. Kemang Selatan,
No. 17 – Jakarta. Butik ini sudah memenuhi persyaratan berdirinya sebuah
perusahaan, karena lokasi tersebut tidak terlalu jauh dari pemukiman penduduk dan
akses transportasi menuju lokasi perusahaan sudah lancar.
4.3. Personalia
dan Perlengkapan Kantor
Pemilik :
Empat
Penanggung Jawab : Nansy Achyati Leonita
Sekretaris
:
Niken Tyagitha
Bendahara
:
Nikki Oktivani
BAB V
RENCANA PRODUKSI
5.1.
Proses Produksi
Proses produksi yang kami jalankan
dalam perusahaan B’bridal Butik ini dapat dilihat pada bagan berikut
:
5.2.
Sumber-sumber Produk / Bahan
Untuk sumber-sumber bahan baku atau
supplier pakaian, kami mengambil dari supplier atau perusahaan yang sudah
terjamin dan terbukti kualitas pakaiannya dengan model dan corak yang menarik
konsumen tentunya. Sehingga dengan begitu tidak merugikan berbagai pihak, baik
dari pihak perusahaan maupun konsumen yang membelinya.
BAB VI
RENCANA PEMASARAN
6.1.
Penetapan Harga
Harga yang akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan
akan terjangkau oleh masyarakat sekitar. Setelah memperhitungkan dengan cukup matang,
akhirnya kami tetapkan sebagai harga awal berikut adalah tabel harga jasa
produk yang ditawarkan. adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan dengan
perkembangan selanjutnya.
No.
|
Jenis
Produk
|
Harga
|
1
|
Kemeja
|
> Rp. 120.000,- s/d Rp.
300.000,-
|
2
|
Kaos
|
> Rp. 65.000,- s/d Rp. 200.000 ,-
|
3
|
Jeans
|
> Rp. 200.000,- s/d Rp. 350.000,-
|
4
|
Gaun
|
> Rp. 300.000,- s/d Rp. 450.000,-
|
5
|
Kerudung
|
> Rp. 35.000,-
s/d Rp. 90.000,-
|
6
|
Rok
|
> Rp. 135.000,- s/d Rp. 250.000,-
|
7
|
Jaket
|
> Rp. 300.000,-
|
8
|
Aksesoris
|
Rp. 24.500,- s.d Rp. 78.900,-
|
6.2.
Pelaksanaan Distribusi
Distribusi yang dilakukan perusahaan kami yaitu distribusi
intensif, diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual produk
sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati konsumen, sehingga lebih mudah dalam
penjualannya dalam menghasilkan keuntungan yang sebanyak-bantaknya.
6.3.
Strategi
Promosi yang akan dilakukan
Strategi yang akan kami jalankan
pada perusahaan ini antara lain :
§ Membuat pamphlet-pamflet berisi produk – produk baru yang
akan ditempel tiap bulannya.
§ Melakukan iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs
jejaring sosial maupun forum.
§ Membuat catalog-katalog mengenai fashion yang sedang
uptodate di Butik
BAB
VII
PERENCANAAN ORGANISASI
7.1.
Job Description
§ Pemilik usaha bertugas untuk memantau jalannya usaha dan
menerima laporan sebulan sekali dari hasil usaha.
§ Sekretaris bertugas untuk membuat surat-surat yang
dubutuhkan oleh perusahaan, mencatat data.
§ Bendahara bertugas untuk membuat laporan keuangan setiap
bulannya.
§ Penanggung jawab bertugas untuk bertanggung jawab mengenai kejadian-kejadian
yang terjadi di distro dan bertanggung jawab untuk memantau cara kerja
bawahannya dalam melayani pelanggan.
§ Karyawan bertugas melayani para pelanggan distro dengan
menerapkan prinsip pelayanan prima.
7.2.
Latar Belakang Tim Management
Latar
belakang tim management ini terdiri dari dari orang-orang terdekat yang
dipercayai dapat memajukan tempat pelayanan yang berhubungan dengan usaha
butik. Selain itu dituntut profesionalisme dalam menjalankan setiap pekerjaan.
Status
Kepemilikan Usaha
Badan usaha adalah kesatuan yuridis ekonomis yang bertujuan
untuk mencari keuntungan. Adapun status kepemilikan distro B’bridal butik yaitu
perseroan. Dimana pengelolaannya di lakukan langsung oleh pemilik butik.
BAB VIII
RISIKO
8.1.
Evaluasi tentang kelemahan Usaha (Analisis SWOT)
Strength (Kekuatan)
1.
Bertanggung jawab, disiplin kerja,
kreatif dan inovatif
2.
Dapat memenuhi kebutuhan pelanggan
3.
Memberikan pelayanan terbaik
terhadap pelanggan
4.
Menjual produk yang berkualitas
|
Weaknes (Kelemahan)
1.
Persaingan pasar dengan perusahaan
yang berskala nasional
2.
Berubahnya kondisi perekonomian
|
Oportunity (Peluang)
1. Dengan tetap manjaga mutu dan kualitas produk, kami yakin
kami dapat bersaing walaupun harus bersaing dengan perusahaan berskala
nasional yang akan muncul di kemudian hari.
2. Saat ini dengan belum adanya perusahaan dengan bidang
usaha sejenis di Komp. Garut Indah, membuat kami yakin bahwa kedepannya
perusahaan kami akan maju.
|
Threaty (Ancaman) : Munculnya Perusahaan - perusahaan baru yang sejenis
yang berusaha menyaingi perusahaan kami, dengan style-style terbaru.
|
8.2.
Gambaran tentang Masa Kini
Resiko
yang dihadapi adalah berupa ancaman terhadap kelangsungan jumlah kunjungan pelanggan.
Hal ini disebabkan semakin banyaknya Butik-butik maupun outlet-outlet yang
menjual pakaian dengan lebih mudah dan murah yang berskala internasional.
Dengan ini maka lambat laun akan semakin banyak orang yang mengunjungi butik
lainnya. Sebagai upaya untuk mengantisipasi hal ini, maka kami selalu
memberikan dan menyediakan produk yang terbaru dan tentunya sesuai dengan
selera dan kebutuhan masyarakat. Dengan begitu pelanggan akan memiliki
keterkaitan dan terus merasa perlu untuk datang ke tempat kami.
BAB
IX
PERENCANAAN PERMODALAN
9.1.
Sumber-sumber permodalan
Sebagai sumber awal mula pendirian B’bridal butik yaitu dari pemilik Butik sendiri. Sebagai investasinya
untuk itu didirikanlah perusahaan dalam bidang perdagangan
.
9.2.
Neraca Permulaan Perusahaan
a)
Biaya produksi per tahun terdiri
dari:
1.
Modal Awal produksi
Renovasi
Awal & Desain Interior
|
Rp. 90.000.000,-
|
Kulakan
baju grosir
|
Rp. 500.000.000,-
|
Biaya
Soft Opening dan Promosi awal
|
Rp. 7.000.000,-
|
Biaya
gaji karyawan tahun pertama
|
Rp. 55.000.000 ,- +
|
Jumlah
Modal Produksi
|
Rp. 652.000.000,-
|
2.
Biaya lain-lain
§ Listrik Rp.
14.000.000,-
§ Asuransi Rp.
10.000.000,-
§ Transportasi Rp. 7.500.000,-
§ Administrasi Rp. 4.500.000,-
§ Pajak Rp. 2.750.000,-
§ Pemeliharaan gedung dan peralatan Rp. 5.000.000,- +
Jumlah biaya lain-lain Rp.
43.750.000,-
Total
seluruh biaya produksi (1 + 2)
Jumlah modal produksi Rp.
700.000.000,-
Jumlah biaya lain-lain Rp. 50.750.000,- +
Total Rp.
750.750.000
9.3.
Proyeksi Aliran Kas
Untuk
butik kami proyeksi keuntungan kotor adalah 30% dari penghasilan. Rata-rata
untuk distro kami ini, akan mampu menjual sekitar 970 lebih juta pertahun,
sehingga jika diambil keuntungan bersih pertahun adalah sekitar 250 – 300 juta
pertahun.
Sehingga,
pada tahun kedua, kami sudah bisa balik modal. Dan tahun ke 3, 4 dan seterusnya, kami tinggal
mengumpulkan untung dan kemungkinan besar kami gunakan untuk ekspansi ke luar
daerah.
9.4. Perencanaan Laba Rugi
INVESTASI
|
JUMLAH (RP)
|
Biaya tetap
|
|
1. Penyusutan gedung dan peralatan
|
Rp. 7.000.000,-
|
2. Gaji pegawai
|
Rp. 70.000.000,-
|
Jumlah
|
Rp.
77.000.000,-
|
|
|
Biaya variable/ produksi
|
|
Kulakan baju grosir
|
Rp. 500.000.000,-
|
Jumlah
|
Rp.
500.000.000,-
|
|
|
Biaya-biaya lain
|
|
1. Listrik
2. Asuransi
3. Transportasi
4. Administrasi
5. Pajak
|
Rp. 14.000.000,-
Rp. 10.000.000,-
Rp. 7.500.000,-
Rp. 4.500.000,-
Rp. 2.750.000,-
|
Total
Modal produksi
|
Rp.
43.750.000,-
|
TOTAL
MODAL (PENGELUARAN)
|
Rp.
750.750.000,-
|
|
|
Pendapatan
|
|
Penjualan aneka pakaian dan fashion
|
Rp. 970.000.000,-
|
TOTAL
PENDAPATAN
|
Rp.
970.000.000,-
|
|
|
PROYEKSI
LABA/RUGI(KEUNTUNGAN)
Total
Pendapatan
Total
modal / Pengeluaran
|
Rp.
970.000.000,-
Rp.
750.750.000,-
|
TOTAL
KEUNTUNGAN BERSIH
|
Rp.
219.250.000,-
|
|
|
|
BAB X
APENDIKS
Sebagai pelangkap dari proposal ini,
maka kami lampirkan pula
1. Daftar Harga dari Pemasok Barang
2. Surat Tanda Daftar Usaha Perdagangan
3. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
contoh
TANDA DAFTAR USAHA PERDAGANGAN (TDUP)
DEPARTEMEN
PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN REPUBLIK INDONESIA
KANTOR DEPARTEMEN PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN
KABUPATEN/KOTA JAKARTA
TANDA DAFTAR USAHA PERDAGANGAN (TDUP)
NOMOR
: _____________
1.
Nama Perusahaan : B’BRIDAL
BUTIK
2.
Merek (milik sendiri/lisensi) : B’BRIDAL
3.
Alamat Kantor Perusahaan : Jl. Kemang Selatan, No.
17 – Jakarta
4.
Nama Pemilik/ penanggung Jawab : Priyanti
5.
Alamat Pemilik/ Penanggung Jawab : Jl. Makmur no. 39a Lubang Buaya –
Jakarta
6.
Nomor Pokok wajib pajak (NPWP) : 1.381.789.8-435
7.
Bidang Usaha ; Barang/ Jasa : Barang
8.
Nilai Investasi Perusahaan
Seluruhnya : Tidak termasuk
tanah dan bangunan Tempat usaha
9.
Jenis Kegiatan usaha : Perdagangan
10.
Jenis barang/ jasa dagangan Utama : Pakaian
TDUP ini diterbitkan dengan
ketentuan :
Pertama
|
:
|
Tanda daftar Usaha Perdagangan
(TDUP) ini berlaku untuk melakukan kegiatan Usaha Perdagangan.
|
Kedua
|
:
|
pemilik/ Penanggung Jawab wajib
menyampaikan laporan kegiatan usaha perdagangan setiap tahun sekali.
|
Ketiga
|
:
|
Tidak berlaku untuk kegiatan
Perdagangan Berjangka komoditi, kecuali telah memenuhi
ketentuan. Persyaratan yang ditetapkan untuk melakukan kegiatan perdagangan
berjangka komiditi ketentuan perundang-undangan yang berlaku
|
Dikeluarkan di : Jakarta
Pada Tanggal : 7 Januari 2014
Ka .
Kandep Perindustrian dan Perdagangan
Tembusan
:
- Menteri Perindustrian dan Perdagangan U.P. sekretaris
Jenderal
- Inspektur jenderal depperindag
- Dirjen Perdagangan dalam Negeri depperindag
- Ka. Pusdatin depperindag
- Ka. Kanwil depperindag
- Pertinggal
Sumber : aiirm59.blogspot.com
Anggota :
- Priyanti Kusuma Sari
- Nansy Achyati Leonita
- Niken Tyagitha
- Nikki Oktivani
- Nurul Aini
- Prasidha Dibya
- Raden Ardila
- Radina Dwi
- Raisa Iga