BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Keadaan
perekonomian yang tidak pasti di Negara berkembang seperti Indonesia ini
membuat mata pencaharian masyarakat tidak stabil sehingga memaksa masyarakat
untuk lebih kreatif lagi dalam membuka lapangan usaha atau membuka usaha
sendiri untuk melangsungkan hidupnya sehingga pengangguran tidak terlalu
meningkat. Berbeda dengan di Negara-negara maju dimana masyarakat seperti
kurang waktu untuk menyelesaikan semua pekerjaannya. Kesibukan aktivitas yang
begitu padat kadang membuat orang menjadi stress untuk berfikir lebih jernih
dan tenang. Sehingga diperlukan temap-tempat yang begitu tenang dan nyaman
untuk menghapus semua kejenuhan dan tekanan hidup mereka. Sehingga muncullah
sebuah ide saya untuk mendirikan sebuah CAFFE seperti apa yang didinginkan
pelanggan. Konsep yang akan saya terapkan adalah konsep perpaduan antara klasik
dan modern sesuai dengan perkembangan zaman. Perpaduan antara klasik dan modern
diharapkan dapat memberikan suasana yang baru dan menarik perhatian pelanggan
untk menikmati suasana caffe tersebut.
Selain itu,
cafee ini tidak hanya untuk kalangan remaja saja tetapi untuk semua tingkatan
masyarakat umum. Selain tempat yang nyaman bagi pengunjung, menu-menu yang
variatif juga menjadi andalan sebuah caffe dengan sajian yang variatif dan
unik. Dengan berbagai jenis minuman yang unik diantaranya seperti Es Tissiu, Es
Spiritus, Es Kasus, Es Kolor Ijo dan Es Black Magic yang menjadi menu special
caffe ini. Namun minuman yang menjadi andalannya sebuah caffe biasanya adalah
aneka macam minuman coffe, seperti Cofee Latte, Cappucino, mochaccino dan lain
sebagainya. Istimewanya minuman berbahan koi ini terletak pada kopinya. Karena
kopi yang dipilih adalah kopi Arabica dan Robusta yang masih berbentuk butiran
dan akan ditumbuk dengan menggunakan mesin khusus sebelum kopi disajikan
sebagai minuman.
Tidak hanya itu
caffe ini tidak tidak hanya menyediakan minuman tetapi juga menyediakan
berbagai jenis makanan ringan dan juga Ice Cream. Jenis makanannya antara lain
Steak, Beaf Sosis, Pizza dan sebagainya. Caffe ini juga menerima pesan antar
Paket Meeting Gathering, Seminar dan paket yang lain sesuai dnegan kebutuhan
pribadi. Dengan berbagai kelebihan caffe ini, tentu tidak perlu ragu lagi untuk
dapat menikmati suasana yang menyenangkan dan hidangan yang lezat.
Kemudian tata
ruang caffe ini dibangun dengan gaya kuno dengan perpaduan beberapa sudut
modern. Di Caffe ini terdapat dua ruang yaitu ruang smoking dan no smoking,
jadi pengunjung dapat memilihnya. Desain yang minimalis, tampak dari sofa dan
beberapa bangku biasa serta mini bar yang mengesankan suasana khas tradisional
modern.
B.
Ringkasan
Usaha
1.
Biodata Pemilik
Nama Pemilik :
Aisyah
Alamat
|
: Desa Jamberama Kecamatan Selajambe
Kabupaten Kuningan
|
Jenis Kelamin : Perempuan
Tempat/Tanggal Lahir : Kuningan, 07 Maret 1999
Agama :
Islam
No. Telepon : 082320653974
Pendidikan Terakhir :
SMK
2.
Manajemen
Nama
perusahaan :
Nama
pemilik : Aisyah
Bidang
Usaha : Bidang
Makanan
C.
Tujuan
1.
Akan melayani segmen pasar masyarakat
melalui makanan dan minuman yang
disajikan dengan kualitas baik, higenis dan sehat yang memiliki gizi standar
dan makanan kesehatan yang dibutuhkan oleh setiap orang pada umumnya serta
kebersihan sesuai dengan perusahaan berorientasi konsumen.
2.
Pembukaan lapang kerja baru bagi masyarakat
sekitarnya, terutama dikalagn ibu rumah tangga, dan diantara mahasiswa atau
siswa yang membutuhkan pekerjaan sampingan untuk melanjutkan studi.
3.
Sebagai sarana pengelolaan modal sumber
daya yang bertujuan untuk membuat keuntungan.
4.
Berlahan-lahan untuk membangun citra
konsumen tentang pentingnya diet yang sehat.
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Pemilihan
Lokasi Usaha
Pemilihan lokasi
usaha caffe dipilih tempat yang begitu strategis dimana dekat dengan jalan
raya, di dalam moll sehingga dengan begitu dapat memudahkan pengunjung untuk
datang.
B.
Perizinan
Hal pertama yang
harus dilakukan adalah mengurus Nomor Pokok wajib Pajak (NPWP). Selanjutnya,
lengkapi dengan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Surat Izin Tempat Usaha
(SITU), untuk diajukan ke dinas perizinan baik di kecamatan, kabupaten maupun
provinsi.
C.
Produk
Semua produk
makanan dan minuman yang tersedia di caffe ini memprioritaskan kesehatan.
Dimana semuannya terbuat dari buah-buahan, sayuran dan coklat yang masih segar.
Antioksidan dan nutrisi serta vitamin yang terkandung dalambuah-buahan dan
sayuran yang bermanfaat untuk kesehatan tidak perlu lagi disanksikan. Dan
coklat juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan seperti mengurangi risiko
penyakit jantung, megurangi stress dan lain-lain.
Dibawah
ini berbagai produk yang disediakan diantaranya:
1.
Minuman
a. Kopi
(coffe) yang diolah dalam berbagai jenis minuman seperti:
1) Black
kopi yaitu kopi berwarna hitam, biasanya kopi ini sedikit lebih pahit.
2) Cappuccino
ekpreso yaitu kopi yang dicampur susu, krim dan ditaburi oleh kismis, yang bisa
disajikan dalam keadaan dingin atau panas.
3) Coffe
late yaitu kopi yang penyjiannya lebih banyak susu dari pada kopinya.
4) Coffe
mocha yatu cara penyajian kopi dengan susu dan coklat
5) Tradisional
drink yaitu minuman yang berbahan dasar buah yang dicampur dengan soda water.
6) Avocado
float yaitu minuman dengan bahan dasar alpukat, krim dan coklat.
7) Milk
shake ginjer yaitu perpaduan antara susu, coklat dan rempah-rempah seperti
jahe, kayu manis.
8) Es
seperti es tissue, es psiritus, es kasus es kolor ijo dan es black magic.
9) Jus
buah yaitu berbagai macam jenis jus buah segar yang disajikan dalam bentuk yang
unik.
10) Jus
sayuran yaitu berbagai jenis jus sayuran yang banyak mengandung vitamin dan
baik untuk kesehatan.
11) Ice
crean dengan berbgai jenis ice cream dengan rasa yang unik.
2.
Makanan
1) Coklat
buah steamboat yaitu perpaduan antara coklat dan berbagai macam buah.
2) Fruit
salad yaitu perpaduan antara buah-buahan dan sayuran.
3) Sandwich
yaitu roti tawar dengan isi sayuran, daging, susu, keju.
4) Beff
sosis yaitu roti yang di dalamnya terdapat sayuran, cincangan daging, sosis,
mayones, saus cabe dan saus tomat.
5) Pizza
6) Stek
kentang dan steak daging, dan lain-lain.
Kemudian
Caffe ini menyediakan fasilitas seperti:
a.
Jaringan internet (WiFi)
b.
Televisi
c.
Ruang bebas rokok dan ruang merokok
d.
Music
e.
Toilet
D.
Stategi
Pemasaran
Strategi
pemasaran dari caffe ini yaitu menggabungkan dua generasi yang berbeda dengan
konsep classic dan modern. Jadi konsumen yang dituju tidak hanya orang remaja
saja tetapi juga untuk semua kalangan masyarakat umum sehingga tidak spesifik
untuk orang-orang tertentu baik tua maupun muda, pekerja dan mahasiswa,
penduduk setempt maupun penduduk asing.
E.
Promosi
Cara mengetahui
produk ini mealui famlet-famlet, spanduk-spanduk yang ditempel didepan caffe
dan tempat-tempat yang umum dan rame. Iklan di media elektronik seperti tv,
radio, di media masa seperti Koran, majalah dan media sosial. Mempromosikan
kepada teman-teman untuk datang dan mempromosikan kepada keluarga dan
teman-temannya yang lain. Dan juga penyebaran melaui brosur di mall, perumahan
dan tentu saja tidak lupa melalui internet. Selain penghematan biaya juga
memiliki kesempatan luas untuk memperomosikan produk. Dengan kualitas produk
yang terjamin, lokasi yang strategis, kualitas pelayanan, harga produk yang
bersaing.
F.
Perhitungan
Harga dan Cara Pembayaran
1.
Perhitungan
Harga Jual untuk Produk
Minuman
:
Black Kopi : Rp.
15.000,00
Cappuccino : Rp.
19.000,00
Coffe Mocha : Rp. 18.000,00
Coffe Late : Rp. 17.000,00
Tropical Drink : Rp. 22.000,00
Jus Buah : Rp.
12.000,00
Jus Sayuran : Rp.
10.000,00
Ice Cream : Rp.
15.000,00
Milk Shake
Ginjer : Rp.
17.000,00
Avocado Float : Rp. 20.000,00
Es :
Rp. 15.000,00
Makanan:
Coklat Buah
Steamboat : Rp. 25.000,00
Fruit Salad : Rp.
19.000,00
Sandwich : Rp.
21.000,00
Beff Sosis : Rp.
15.000,00
Pizza :
Rp. 30.000,00
Stek Kentang : Rp. 18.000,00
Steak daging : Rp. 30.000,00
2. Cara (system) Pembayaran
Pengunjung dapat
membayar dengan uang tunai ataupun dengan kartu kredit. Jika terjadi pembelian
secara besar-besaran misalkan untuk sebuah acara seperti pesta, caffe ini
memberikan discount kepada pembeli tersebut karena caffe ini juga menerima
pesan antar, dengan begitu perputaran uang akan lebih cepat dan mudah
mendapatkan keuntungan.
BAB
III
ANALISIS
SWOT
1.
Strength
(kekuatan)
a.
Caffe dengan menu yang harganya sesia
kantong mahasiswa/pelajar.
b.
Menghadirkan menu kucingan dengan tempat
caffe yang klasik dan modern tapi nyaman.
c.
Dilengkapi dengan fasilitas WiFi, music
serta TV.
d.
Banyak variasi menu sehingga pelanggan
dapat memilih selera masing-masing.
e.
Dekat dengan supplier
2.
Weaknesses
(kelemahan)
a.
Dana yang dibutuhkan untuk pengadaan
sarana dan prasarana cukup besar.
b.
Pada awal pembukaan perlu promosi
exstra.
c.
Banyak pesaing.
d.
Produk belum dikenal masyarakat luas.
3.
Opportunity
(peluang)
a.
Sasaran yang luas dari berbagai kalangan
luas.
b.
Life style atau gaya hidup suka makan
diluar dan kongkow bersama teman.
c.
Harga yang lumayan murah dan sesuai
dengan kantong mahasiswa/pelajar.
4.
Threat
(ancaman)
a.
Kebanyakan masyarakat mengaggap caffe
adalah tempat mahal.
b.
Adanya pesaing
c.
Kenaikan harga bahan pokok dan bumbu
masak
d.
Kelangkaan bahan bakar (LPG).
Sedangkan Analisa Matriknya:
1.
Bagaimana S mampu mengambil keuntungan dari O
-
Maslah produk yang belum dikenal, saya
akan gencar mempromosikannya via jejaring sosial dan juga menikuti event yang
ada seperti pasar malam atau pameran.
2.
Bagaimana cran mengatasi W yang mencegah keuntungan dari O
-
Adanya discount
-
Memberikan paket murah di akhir pekan
3.
Bagaimana S mampu menghadapi T
-
Dilengkapi dengan WiFi sehingga
pelanggan merasa betah dan nyaman
-
Memberikan inovasi pada produk sehingga
walaupun produk sama tetapi ada yang berbeda dengan pesaing
4.
Bagaimana cara mwngatasi W yang mampu membuat T menjadi nyata atau menciptakan sebuah
ancaman baru
-
Membuat kartu kecil yang berisi
testimony pelanggan, sehingga kita mendapat masukan dan tahu akan kekurangan.
BAB
IV
PENGORGANISASIAN
|
MANAGER
OPERASIONAL
|
|
|
|
|
|
|
|
|
WAITER
|
|
COUREER
|
|
KOKI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
Operasional
Manager
Adalah seseorang
yang ditunjuk sebagai kepala dalam operasional caffe tugas-tugas dari seorang
manager, yaitu:
a.
Mengawasi jalannya proses operasional
caffe
b.
Bertanggungjawab terhadap jalannya
operasional caffe
c.
Mengkoordinasi bahan-bahan operasional
caffe
d.
Mengkoordinasi pegawai yang sedang
bertugas
e.
Melakukan prediksi dan ide-ide dalam
mempromosikan caffe
f.
Mengetahui hasil dari operasional caffe
g.
Mengawasi segala kebutuhan operasional
caffe
h.
Menentukan jumlah operasional caffe
i.
Bertanggungjawab terhadap proses
produksi operasional caffe
j.
Memberikan training kepada pegawai
k.
Purchasing
l.
Accounting
2.
Waiter
dan Coureer
Waiter atau
waitress adalah sekelompok orang yang bertugas untuk melayani kebutuhan tamu
caffe. Tugas-tugas mereka antara lain:
a.
Melayani tamu secara operasional
b.
Memperhatikan kebutuhan tamu
c.
Mengetahui produk yang dijual
d.
Bertanggungjawab terhadap opersional
caffe
e.
Menerima pesanan dari tamu
f.
Membuatkan makanan dan minuman tamu
g.
Menyiapkan makanan dan minuman tamu
h.
Membersihkan peralatan yang kotor
i.
Bertanggungjawab dalam proses produksi
3.
Koki
a.
Memasak makanan untuk tamu caffe
b.
Menyiapkan pesanan dari tamu
c.
Memberikan pelayanan kepada tamu caffe
d.
Bertanggungjawab terhadap produksi
operasional caffe
e.
Membantu waiter atau wairess
f.
Membantu dalam memberikan pelayanan
kepada tamu caffe
BAB V
RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB)
Biaya tanah dan
bangunan : Rp.
350.000.000
Biaya produksi :
Rp. 100.000.000/bulan
Biaya peralatan :
Rp. 100.000.000
Gaji karyawan (2 koki
dan 4 pelayan) : Rp. 21.000.000/bulan
Biaya lain-lain :
Rp. 10.000.000/bulan
Rp.
Pinjaman ke Bank = Rp. 550.000.000
Bunga 2.2% x
685.000.000 =
Rp. 15.070.000
Setoran perbulan selama
3 tahun = Rp. 34.100.000
Setoran perhari =
Rp. 1.150.000
Pengeluaran
perbulan:
Setoran =
Rp. 34.100.000/bulan
Gaji Karyawan =
Rp. 25.000.000/bulan
Biaya Produksi =
Rp. 150.000.000/bulan
Biaya lain-lain =
Rp. 5.000.000/bulan
Rp. 214.100.000/bulan
Pendapatan perbulan :
Pendapatan Perhari = Pendapatan perhari-pengeluaran perhari
= Rp.
7.400.000 – Rp. 7.150.000
=
Rp. 250.000/hari
Pendapatan Perbulan = Rp. 250.000 X 30
= Rp. 7.500.000/bulan
BAB
VI
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dari pembahasan diatas bahwa sebuah
caffe harus memiliki keunggulan produk yang baik seperti:
1. Citra
rasa produk yang dihasilkan, kualitas, mutu produk, kebersihan.
2. Cara
penyajian yang lebih unik dan istimewa agar lebih menarik.
3. Fasilitas
ruang caffe yang begitu nyaman dan dilengkapi dengan jaringan internet dan
music.
Demikianlah
proposal usaha ini penulis buat. Semoga proposal ini dapat diterima dan dapat
bermanfaat bagi kita semua, tidak lupa penulis mengucap syukur kepada Allah Swt
karena atas segala rahmat dan hidayah-Nya kami menyelesaikan proposal usaha ini..
Semoga proposal
ini dapat diterima oleh semua pihak karena proposal ini merupakan tahap awal kami
dalam memulai usaha Caffe ini. Dengan selesainya proposal usaha ini, kami
berharap dapat segera mewujudkan usaha bisnis yang telah kami rencanakan ini.
Segala saran dan
kritik yang membangun sangatlah saya harapkan dari semua pihak, karena saya
menyadari bahan atau proposal ini masih jauh dari kata sempurna. Saran dan
kritik tersebut semoga dapat menjadi acuan atau pelajaran bagi kami semua untuk
dapat menjadi lebih baik lagi. Atas segala perhatiannya saya mengucapkan terima
kasih.