Iklan_1

Education & Financial Konsulting

Education & Financial Konsulting
Education & Financial Konsulting

Agrobisnis & Pariwisata

Agrobisnis & Pariwisata
Agrobisnis & Pariwisata

Digital & Network Development

Digital & Network Development
Digital & Network Development
Proposal Usaha Kuliner Oleh: Aisyah

Yogi Iskandar

1/02/2016

BAB I PENDAHULUAN A.       Latar Belakang Keadaan perekonomian yang tidak pasti di Negara berkembang seperti Indonesia ini memb...

Proposal Usaha Kuliner Oleh: Aisyah



BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Keadaan perekonomian yang tidak pasti di Negara berkembang seperti Indonesia ini membuat mata pencaharian masyarakat tidak stabil sehingga memaksa masyarakat untuk lebih kreatif lagi dalam membuka lapangan usaha atau membuka usaha sendiri untuk melangsungkan hidupnya sehingga pengangguran tidak terlalu meningkat. Berbeda dengan di Negara-negara maju dimana masyarakat seperti kurang waktu untuk menyelesaikan semua pekerjaannya. Kesibukan aktivitas yang begitu padat kadang membuat orang menjadi stress untuk berfikir lebih jernih dan tenang. Sehingga diperlukan temap-tempat yang begitu tenang dan nyaman untuk menghapus semua kejenuhan dan tekanan hidup mereka. Sehingga muncullah sebuah ide saya untuk mendirikan sebuah CAFFE seperti apa yang didinginkan pelanggan. Konsep yang akan saya terapkan adalah konsep perpaduan antara klasik dan modern sesuai dengan perkembangan zaman. Perpaduan antara klasik dan modern diharapkan dapat memberikan suasana yang baru dan menarik perhatian pelanggan untk menikmati suasana caffe tersebut.
Selain itu, cafee ini tidak hanya untuk kalangan remaja saja tetapi untuk semua tingkatan masyarakat umum. Selain tempat yang nyaman bagi pengunjung, menu-menu yang variatif juga menjadi andalan sebuah caffe dengan sajian yang variatif dan unik. Dengan berbagai jenis minuman yang unik diantaranya seperti Es Tissiu, Es Spiritus, Es Kasus, Es Kolor Ijo dan Es Black Magic yang menjadi menu special caffe ini. Namun minuman yang menjadi andalannya sebuah caffe biasanya adalah aneka macam minuman coffe, seperti Cofee Latte, Cappucino, mochaccino dan lain sebagainya. Istimewanya minuman berbahan koi ini terletak pada kopinya. Karena kopi yang dipilih adalah kopi Arabica dan Robusta yang masih berbentuk butiran dan akan ditumbuk dengan menggunakan mesin khusus sebelum kopi disajikan sebagai minuman.
Tidak hanya itu caffe ini tidak tidak hanya menyediakan minuman tetapi juga menyediakan berbagai jenis makanan ringan dan juga Ice Cream. Jenis makanannya antara lain Steak, Beaf Sosis, Pizza dan sebagainya. Caffe ini juga menerima pesan antar Paket Meeting Gathering, Seminar dan paket yang lain sesuai dnegan kebutuhan pribadi. Dengan berbagai kelebihan caffe ini, tentu tidak perlu ragu lagi untuk dapat menikmati suasana yang menyenangkan dan hidangan yang lezat.
Kemudian tata ruang caffe ini dibangun dengan gaya kuno dengan perpaduan beberapa sudut modern. Di Caffe ini terdapat dua ruang yaitu ruang smoking dan no smoking, jadi pengunjung dapat memilihnya. Desain yang minimalis, tampak dari sofa dan beberapa bangku biasa serta mini bar yang mengesankan suasana khas tradisional modern.
B.       Ringkasan Usaha
1.         Biodata Pemilik
Nama Pemilik                       : Aisyah
Alamat
 : Desa Jamberama Kecamatan Selajambe
   Kabupaten Kuningan
              Jenis Kelamin                        : Perempuan
       Tempat/Tanggal Lahir           : Kuningan, 07 Maret 1999
       Agama                                  : Islam
       No. Telepon                          : 082320653974
       Email                                     : aisyahsurian99@gmail.com
       Pendidikan Terakhir              : SMK
2.         Manajemen
Nama perusahaan                  :
Nama pemilik                        : Aisyah
Bidang Usaha                       : Bidang Makanan


C.      Tujuan
1.         Akan melayani segmen pasar masyarakat melalui makanan dan  minuman yang disajikan dengan kualitas baik, higenis dan sehat yang memiliki gizi standar dan makanan kesehatan yang dibutuhkan oleh setiap orang pada umumnya serta kebersihan sesuai dengan perusahaan berorientasi konsumen.
2.         Pembukaan lapang kerja baru bagi masyarakat sekitarnya, terutama dikalagn ibu rumah tangga, dan diantara mahasiswa atau siswa yang membutuhkan pekerjaan sampingan untuk melanjutkan studi.
3.         Sebagai sarana pengelolaan modal sumber daya yang bertujuan untuk membuat keuntungan.
4.         Berlahan-lahan untuk membangun citra konsumen tentang pentingnya diet yang sehat.


















BAB II
PEMBAHASAN

A.      Pemilihan Lokasi Usaha
Pemilihan lokasi usaha caffe dipilih tempat yang begitu strategis dimana dekat dengan jalan raya, di dalam moll sehingga dengan begitu dapat memudahkan pengunjung untuk datang.

B.       Perizinan
Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengurus Nomor Pokok wajib Pajak (NPWP). Selanjutnya, lengkapi dengan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Surat Izin Tempat Usaha (SITU), untuk diajukan ke dinas perizinan baik di kecamatan, kabupaten maupun provinsi.

C.      Produk
Semua produk makanan dan minuman yang tersedia di caffe ini memprioritaskan kesehatan. Dimana semuannya terbuat dari buah-buahan, sayuran dan coklat yang masih segar. Antioksidan dan nutrisi serta vitamin yang terkandung dalambuah-buahan dan sayuran yang bermanfaat untuk kesehatan tidak perlu lagi disanksikan. Dan coklat juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan seperti mengurangi risiko penyakit jantung, megurangi stress dan lain-lain.
Dibawah ini berbagai produk yang disediakan diantaranya:
1.      Minuman
a.       Kopi (coffe) yang diolah dalam berbagai jenis minuman seperti:
1)   Black kopi yaitu kopi berwarna hitam, biasanya kopi ini sedikit lebih pahit.
2)   Cappuccino ekpreso yaitu kopi yang dicampur susu, krim dan ditaburi oleh kismis, yang bisa disajikan dalam keadaan dingin atau panas.
3)   Coffe late yaitu kopi yang penyjiannya lebih banyak susu dari pada kopinya.
4)   Coffe mocha yatu cara penyajian kopi dengan susu dan coklat
5)   Tradisional drink yaitu minuman yang berbahan dasar buah yang dicampur dengan soda water.
6)   Avocado float yaitu minuman dengan bahan dasar alpukat, krim dan coklat.
7)   Milk shake ginjer yaitu perpaduan antara susu, coklat dan rempah-rempah seperti jahe, kayu manis.
8)   Es seperti es tissue, es psiritus, es kasus es kolor ijo dan es black magic.
9)   Jus buah yaitu berbagai macam jenis jus buah segar yang disajikan dalam bentuk yang unik.
10)    Jus sayuran yaitu berbagai jenis jus sayuran yang banyak mengandung vitamin dan baik untuk kesehatan.
11)     Ice crean dengan berbgai jenis ice cream dengan rasa yang unik.
2.      Makanan
1)   Coklat buah steamboat yaitu perpaduan antara coklat dan berbagai macam buah.
2)   Fruit salad yaitu perpaduan antara buah-buahan dan sayuran.
3)   Sandwich yaitu roti tawar dengan isi sayuran, daging, susu, keju.
4)   Beff sosis yaitu roti yang di dalamnya terdapat sayuran, cincangan daging, sosis, mayones, saus cabe dan saus tomat.
5)   Pizza
6)   Stek kentang dan steak daging, dan lain-lain.
Kemudian Caffe ini menyediakan fasilitas seperti:
a.         Jaringan internet (WiFi)
b.         Televisi
c.         Ruang bebas rokok dan ruang merokok
d.        Music
e.         Toilet
D.      Stategi Pemasaran
Strategi pemasaran dari caffe ini yaitu menggabungkan dua generasi yang berbeda dengan konsep classic dan modern. Jadi konsumen yang dituju tidak hanya orang remaja saja tetapi juga untuk semua kalangan masyarakat umum sehingga tidak spesifik untuk orang-orang tertentu baik tua maupun muda, pekerja dan mahasiswa, penduduk setempt maupun penduduk asing.

E.       Promosi
Cara mengetahui produk ini mealui famlet-famlet, spanduk-spanduk yang ditempel didepan caffe dan tempat-tempat yang umum dan rame. Iklan di media elektronik seperti tv, radio, di media masa seperti Koran, majalah dan media sosial. Mempromosikan kepada teman-teman untuk datang dan mempromosikan kepada keluarga dan teman-temannya yang lain. Dan juga penyebaran melaui brosur di mall, perumahan dan tentu saja tidak lupa melalui internet. Selain penghematan biaya juga memiliki kesempatan luas untuk memperomosikan produk. Dengan kualitas produk yang terjamin, lokasi yang strategis, kualitas pelayanan, harga produk yang bersaing.
F.       Perhitungan Harga dan Cara Pembayaran
1.      Perhitungan Harga Jual untuk Produk
Minuman :
Black Kopi                                   : Rp. 15.000,00
Cappuccino                                  : Rp. 19.000,00
Coffe Mocha                                : Rp. 18.000,00
Coffe Late                                    : Rp. 17.000,00
Tropical Drink                              : Rp. 22.000,00
Jus Buah                                       : Rp. 12.000,00
Jus Sayuran                                  : Rp. 10.000,00
Ice Cream                                     : Rp. 15.000,00
Milk Shake Ginjer                        : Rp. 17.000,00
Avocado Float                             : Rp. 20.000,00
Es                                                 : Rp. 15.000,00
Makanan:
Coklat Buah Steamboat               : Rp. 25.000,00
Fruit Salad                                    : Rp. 19.000,00
Sandwich                                     : Rp. 21.000,00
Beff Sosis                                     : Rp. 15.000,00
Pizza                                             : Rp. 30.000,00
Stek Kentang                               : Rp. 18.000,00
Steak daging                                : Rp. 30.000,00
2.      Cara (system) Pembayaran
Pengunjung dapat membayar dengan uang tunai ataupun dengan kartu kredit. Jika terjadi pembelian secara besar-besaran misalkan untuk sebuah acara seperti pesta, caffe ini memberikan discount kepada pembeli tersebut karena caffe ini juga menerima pesan antar, dengan begitu perputaran uang akan lebih cepat dan mudah mendapatkan keuntungan.

















BAB III
ANALISIS SWOT

1.        Strength (kekuatan)
a.         Caffe dengan menu yang harganya sesia kantong mahasiswa/pelajar.
b.         Menghadirkan menu kucingan dengan tempat caffe yang klasik dan modern tapi nyaman.
c.         Dilengkapi dengan fasilitas WiFi, music serta TV.
d.        Banyak variasi menu sehingga pelanggan dapat memilih selera masing-masing.
e.         Dekat dengan supplier
2.        Weaknesses (kelemahan)
a.         Dana yang dibutuhkan untuk pengadaan sarana dan prasarana cukup besar.
b.         Pada awal pembukaan perlu promosi exstra.
c.         Banyak pesaing.
d.        Produk belum dikenal masyarakat luas.
3.        Opportunity (peluang)
a.         Sasaran yang luas dari berbagai kalangan luas.
b.         Life style atau gaya hidup suka makan diluar dan kongkow bersama teman.
c.         Harga yang lumayan murah dan sesuai dengan kantong mahasiswa/pelajar.
4.        Threat (ancaman)
a.         Kebanyakan masyarakat mengaggap caffe adalah tempat mahal.
b.         Adanya pesaing
c.         Kenaikan harga bahan pokok dan bumbu masak
d.        Kelangkaan bahan bakar (LPG).


Sedangkan Analisa Matriknya:
1.    Bagaimana S mampu mengambil keuntungan dari O
-          Maslah produk yang belum dikenal, saya akan gencar mempromosikannya via jejaring sosial dan juga menikuti event yang ada seperti pasar malam atau pameran.
2.    Bagaimana cran mengatasi W yang mencegah keuntungan dari O
-          Adanya discount
-          Memberikan paket murah di akhir pekan
3.    Bagaimana S mampu menghadapi T
-          Dilengkapi dengan WiFi sehingga pelanggan merasa betah dan nyaman
-          Memberikan inovasi pada produk sehingga walaupun produk sama tetapi ada yang berbeda dengan pesaing
4.    Bagaimana cara mwngatasi W yang mampu membuat T menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru
-          Membuat kartu kecil yang berisi testimony pelanggan, sehingga kita mendapat masukan dan tahu akan kekurangan.














BAB IV
PENGORGANISASIAN


MANAGER OPERASIONAL






WAITER

COUREER

KOKI










1.        Operasional Manager
Adalah seseorang yang ditunjuk sebagai kepala dalam operasional caffe tugas-tugas dari seorang manager, yaitu:
a.       Mengawasi jalannya proses operasional caffe
b.      Bertanggungjawab terhadap jalannya operasional caffe
c.       Mengkoordinasi bahan-bahan operasional caffe
d.      Mengkoordinasi pegawai yang sedang bertugas
e.       Melakukan prediksi dan ide-ide dalam mempromosikan caffe
f.       Mengetahui hasil dari operasional caffe
g.      Mengawasi segala kebutuhan operasional caffe
h.      Menentukan jumlah operasional caffe
i.        Bertanggungjawab terhadap proses produksi operasional caffe
j.        Memberikan training kepada pegawai
k.      Purchasing
l.        Accounting
2.        Waiter dan Coureer
Waiter atau waitress adalah sekelompok orang yang bertugas untuk melayani kebutuhan tamu caffe. Tugas-tugas mereka antara lain:
a.       Melayani tamu secara operasional
b.      Memperhatikan kebutuhan tamu
c.       Mengetahui produk yang dijual
d.      Bertanggungjawab terhadap opersional caffe
e.       Menerima pesanan dari tamu
f.       Membuatkan makanan dan minuman tamu
g.      Menyiapkan makanan dan minuman tamu
h.      Membersihkan peralatan yang kotor
i.        Bertanggungjawab dalam proses produksi
3.        Koki
a.       Memasak makanan untuk tamu caffe
b.      Menyiapkan pesanan dari tamu
c.       Memberikan pelayanan kepada tamu caffe
d.      Bertanggungjawab terhadap produksi operasional caffe
e.       Membantu waiter atau wairess
f.       Membantu dalam memberikan pelayanan kepada tamu caffe


















BAB V
RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB)

Biaya tanah dan bangunan                             : Rp. 350.000.000
Biaya produksi                                               : Rp. 100.000.000/bulan
Biaya peralatan                                              : Rp. 100.000.000
Gaji karyawan (2 koki dan 4 pelayan)           : Rp.   21.000.000/bulan
Biaya lain-lain                                                : Rp.   10.000.000/bulan
                                                                         Rp.

Pinjaman ke Bank                                          = Rp. 550.000.000
Bunga 2.2% x 685.000.000                           = Rp.   15.070.000
Setoran perbulan selama 3 tahun                   = Rp.   34.100.000
Setoran perhari                                               = Rp.     1.150.000

Pengeluaran perbulan:
Setoran                                                           = Rp.   34.100.000/bulan
Gaji Karyawan                                               = Rp.   25.000.000/bulan
Biaya Produksi                                               = Rp. 150.000.000/bulan
Biaya lain-lain                                                = Rp.    5.000.000/bulan
                                                                          Rp. 214.100.000/bulan
Pendapatan perbulan :
Pendapatan Perhari     = Pendapatan perhari-pengeluaran perhari
                                    = Rp. 7.400.000 – Rp. 7.150.000
                                    = Rp. 250.000/hari
Pendapatan Perbulan  = Rp. 250.000 X 30
                                     = Rp. 7.500.000/bulan




BAB VI
PENUTUP

A.      Kesimpulan
Dari pembahasan diatas bahwa sebuah caffe harus memiliki keunggulan produk yang baik seperti:
1.      Citra rasa produk yang dihasilkan, kualitas, mutu produk, kebersihan.
2.      Cara penyajian yang lebih unik dan istimewa agar lebih menarik.
3.      Fasilitas ruang caffe yang begitu nyaman dan dilengkapi dengan jaringan internet dan music.
Demikianlah proposal usaha ini penulis buat. Semoga proposal ini dapat diterima dan dapat bermanfaat bagi kita semua, tidak lupa penulis mengucap syukur kepada Allah Swt karena atas segala rahmat dan hidayah-Nya kami menyelesaikan proposal usaha ini..
Semoga proposal ini dapat diterima oleh semua pihak karena proposal ini merupakan tahap awal kami dalam memulai usaha Caffe ini. Dengan selesainya proposal usaha ini, kami berharap dapat segera mewujudkan usaha bisnis yang telah kami rencanakan ini.
Segala saran dan kritik yang membangun sangatlah saya harapkan dari semua pihak, karena saya menyadari bahan atau proposal ini masih jauh dari kata sempurna. Saran dan kritik tersebut semoga dapat menjadi acuan atau pelajaran bagi kami semua untuk dapat menjadi lebih baik lagi. Atas segala perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.




Share Post:

Yogi Iskandar


Yogi Iskandar

Yogi Iskandar

Sponsor By:

SUBSCRIBER


SUBSCRIBER

Iklan_Foot