BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Rumah
Makan Sunda adalah sebuah restoran yang menjual sajian hidangan sunda yang kaya
rasa serta tidak menghilangkan tradisi masakan jawa barat dan unik dengan set
up outlet yang nyaman dan menarik. Konsep restoran Sunda ini dengan melihat
mobilitas masyarakat yang semakin meningkat dan besarnya pangsa pasar yang
sudah terbentuk dan belum banyak yang menyajikan konsep bisnis seperti ini.
Cara
bisnis restoran sunda diharapkan dapat menjadi leader dalam menghadapi
pesaing-pesaing yang telah ada. Restoran Sunda hadir sebagai nuansa baru bisnis
makanan khas Jawa barat yang menjawab permintaan pasar akan adanya layanan yang
memungkinkan konsumen dapat menikmati hidangan Jawa barat dengan cita rasa
tinggi, dengan harga terjangkau mengingat masakan Jawa barat sangat khas, baik
rasa maupun bahannya. Menu masakan Sunda adalah hal yang diambil dalam konsep
bisnis ini, dengan menawarkan 10 – 15 menu utama yang mudah dalam penyajian dan
telah diterima di konsumen menengah dan bawah sesuai dengan segmen dan target market kami, namun
tidak menutup kemungkinan untuk konsumen kelas atas dapat menikmati masakan
restoran Sunda karena rasanya yang alami dari resep tradisional tidak berubah.
Restoran
Sunda menjadi penyempurna dengan menawarkan konsep resto maupun outlet sesuai
dengan kemampuan mitra bisnis kami, dengan menawarkan 15 resep makanan khas
Sunda dengan jenis makanan berat dengan kemasan yang unik kami jual dalam Nasi
timbel lengkap yang di daerah asalnya makanan ini sangat digemari karena
kepraktisannya.
B. Visi Misi
Visi :
“ Makana Sunda Dikenal Dunia”
Misi :
1.
Menyajikan makanan istimewa dengan harga dengan harga yang
kompetitif
2.
Memberikan pelayanan cepat dan bersahabat
3.
Memberikan suasana yang bersih, asri dan nyaman
C.
Ringkasan
Usaha
1.
Biodata Pemilik
Nama Pemilik :
Rika Sukmawati
Alamat : Selajambe, Kuningan
Jenis Kelamin : Perempuan
Tempat/Tanggal Lahir : Kuningan,
1997
Agama :
Islam
No. Telepon : 082315854697
Pendidikan Terakhir : SMK
2.
Manajemen
Nama
perusahaan : Restoran
Sari Sunda
Nama
pemilik : Rika
Sukmawati
Bidang
Usaha : Bidang
Makanan
D.
Tujuan
Usaha
1.
Akan melayani segmen pasar masyarakat
melalui makanan dan minuman yang
disajikan dengan kualitas baik, higenis dan sehat yang memiliki gizi standar
dan makanan kesehatan yang dibutuhkan oleh setiap orang pada umumnya serta
kebersihan sesuai dengan perusahaan berorientasi konsumen.
2.
Pembukaan lapang kerja baru bagi
masyarakat sekitarnya, terutama dikalangan ibu rumah tangga, dan diantara
mahasiswa atau siswa yang membutuhkan pekerjaan sampingan untuk melanjutkan
studi.
3.
Sebagai sarana pengelolaan modal sumber
daya yang bertujuan untuk membuat keuntungan.
4.
Berlahan-lahan untuk membangun citra
konsumen tentang pentingnya diet yang sehat.
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Pemilihan
Lokasi Usaha
Pemilihan lokasi
usaha restoran ini dipilih tempat yang begitu strategis dimana dekat dengan jalan
raya, di dalam moll sehingga dengan begitu dapat memudahkan pengunjung untuk
datang.
B.
Perizinan
Hal pertama yang
harus dilakukan adalah mengurus Nomor Pokok wajib Pajak (NPWP). Selanjutnya,
lengkapi dengan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Surat Izin Tempat Usaha
(SITU), untuk diajukan ke dinas perizinan baik di kecamatan, kabupaten maupun
provinsi.
C.
Produk
Produk
yang kami jual berupa makanan dan minuman. Berikut ini merupakan rincian dari
makanan dan minuman yang tersedia di restoran Sunda :
a.
Makanan
1.
Nasi Putih
2.
Pecak Oncom: adalah salah satu menu andalan yaitu oncom hitam yang
kami campur dengan rempah- rempah dan bumbu tradisional .
3.
Pecak Ikan Gabus: ini adalah sebuah menu utama kami yang terbuat
dari ikan gabus yang pilihan dengan bumbu yang menghilangkan bau amis ikan
tersebut.
4.
Gurame Asam Manis: Merupakan menu yang sangat kita banggakan bumbu
asam manis yang membuat lidah kita tidak berhenti bergoyang.
5.
Ayam Bakar Madu : Merupakan ayam bakar dengan siraman madu murni
yang asli kita pilih untuk membuat ayam menjadi nikmat.
6.
Ayam Goreng Pejantan: ini adalah dalah satu masakan khas jawa
barat karena ayam pejantan yang sulit di temukan sehingga daging ayam nya
berbeda rasanya dengan ayam biasa.
7.
Ikan Bakar: kita menyediakan menu ikan bakar sangat unik konsumen
dipersilahkan memancing ikan terlebih dahulu baru akan di bakar oleh pelayan
kami.
Selain itu menu yang kami sajikan
juga tersedia dalam bentuk paket yaitu :
1.
Nasi Timbel Sunda : Nasi Putih + Empal + sayur asem+ ikan asin
+ Lalapan
2.
Nasi Bakar Sunda : Nasi
Bakar + Rempah-rempah + Empal + Lalapan
3.
Nasi Paket Sunda 1 : Nasi
Putih + Ayam bakar + Ikan asin + Lalapan
4.
Nasi Paket Sunda 2 : Nasi
Putih + Ayam Goreng + Sayur asem + Lalapan
b.
Minuman
1. Aneka Jus
2. Es Buah Erbis Sari Madu
3. Es Kelapa Muda Daweg
4. Air Mineral
5. Es The Manis
c.
Makanan Ringan
1. Tahu Goreng
2. Otak Otak Bakar
d.
Harga
Harga produk kami sesuaikan agar
semua kalangan dapat menjadi konsumen kami. Rinciannya antara lain :
1. Nasi Putih
|
: Rp. 3000,-
|
2. Pecak Oncom
|
: Rp. 12000,-
|
3. Pecak Ikan Gabus
|
: Rp. 18000,-
|
4. Gurame Asam Manis
|
: Rp. 25000,-
|
5. Ayam Bakar Madu
|
: Rp. 11000,-
|
6. Ayam Goreng Jantan
|
: Rp. 12.500,-
|
7. Ikan Bakar
|
: Rp. 10.000,-
|
8. Nasi Timbel
|
: Rp. 27.000,-
|
9. Nasi Bakar
|
: Rp. 28.500,-
|
10. Nasi paket pasundan 1
|
: Rp. 25.000,-
|
11. Nasi Paket Pasundan 2
|
: Rp. 16.500,-
|
12. Aneka Jus
|
: Rp. 6000,-
|
13. Es Kelapa dawegan
|
: Rp. 10000,-
|
14. Es Teh Manis
|
: Rp. 2500,-
|
15. Air Mineral Botol
|
: Rp. 3000,-
|
16. Tahu Goreng
|
: Rp. 7000,-
|
17. Otak – Otak Bakar
|
: Rp. 8000,-
|
BAB III
ANALISIS USAHA
A.
Rencana bisnis
Proses pembuatan menu dan cara
penyajian yang bersih dan menarik menjadi andalan di restoran sunda kami.
Begitupula dengan harga yang sangat terjangkau dapat meringankan para pembeli
khususnya pelajar dan mahasiswa. Untuk pemasaran sendiri kita melakukan
berbagai iklan seperti panflet, poster, dan menggunakan cara tradisional yaitu
dari mulut ke mulut atau orang ke orang. Begitu juga dilengkapi dengan promo
harga murah untuk menarik para konsumen yang datang ke restoran sunda kami. Usaha
ini juga akan mengalami perkembangan dengan membuka cabang-cabang di berbagai
daerah-daerah.
B.
Analisis SWOT
1.
Strength (kekuatan usaha)
a.
Mempunyai cirri khas menu yang berbeda dengan restoran yang
lainnya yaitu special sambel yang menggugah selera makan
b.
Tempatnya strategis dan mempunyai cabang dimana-mana sehingga
mudah di kunjungi
c.
Rasanya sangat mantap
d.
Harganya cukup murah, terjangkau, pelayanan memuaskan, rapi dan
bersih.
2.
Weaknesess (kelemahan usaha)
a. Tidak cocok untuk orang yang tidak
suka sambel dan makanan sunda
b. Cabangnya kurang banyak
3.
Opportunities (peluang)
a. Digemari anak muda dan orang-orang
yang suka sambel
b. Tempat untuk mengekspresikan diri
atau menghilangkan BT
c. Ciri khas menu yaitu sambel
menjadikan usaha ini sangat menjanjikan
d. Cabang yang semakin banyak membawa
konsumen mudah mendatanginya
4.
Threats (ancaman)
a. Banyak saingan diluar sana
b. Harga yang naik atau tidak stabil
bisa membingungkan pengusaha untuk menentukan harga
c. Cabang warung yang belum menyebar
diberbagai daerah
BAB IV
ASPEK PEMASARAN
A.
Segmentasi
Menurut segmentasi, konsumen kami
terdiri dari :
• Menengah atas,
• Kalangan ekonomi menengah,
• Kalangan ekonomi menengah ke bawah dan
• Kalangan ekonomi bawah.
B.
Target Pasar
Target pasar merupakan kunci penting untuk
diperhatikan. Sudah menjadi kelaziman bahwa usaha katering bekerja berdasarkan
pesanan. Kegiatan produksi dimulai apabila telah pesanan telah diterima.
Apabila tidak ada pesanan, kegiatan produksi perusahaan katering tidak bekerja.
Yang bekerja sepanjang tahun atau selama bisnis itu hidup adalah pemasaran, keuangan dan administrasi.
a.
Estimasi Target Pasar :
1.
Jumlah target pasar tercakup semua kalangan masyarakat, segala
usia, umumnya yang berdomisili di daerah kota Cirebon dan sekitarnya serta
wisatawan lokal maupun internasional.
2.
Karakteristik target pasar
umunya semua kalangan yang tidak hanya mencari tempat untuk makan tetapi
sekaligus untuk berkumpul dengan kawan, keluarga serta sarana bermain untuk
keluarga.
b.
Promosi
Kegiatan yang dilakukan untuk
memperkenalkan The Bento di masyarakat adalah dengan cara promosi, antara lain
:
1.
Membuat iklan di surat kabar,
2.
Menyebarkan baligo
3.
Di iklankan melalui media internet.
c.
Distribusi
Dengan harga jual per porsi mulai
dari Rp. 18000 , - Restoran Sunda membidik pasar menegah dan menegah kebawah.
Lokasi penjualan yang bisa
digunakan adalah:
- Pusat keramain
- Sekolahan / kampus
- Tempat hiburan / rekreasi
Serta tempat lain yang sesuai
dengan segmen pasar yang dituju
BAB
V
PENGORGANISASIAN
|
MANAGER
OPERASIONAL
|
|
|
|
|
|
|
|
|
WAITER
|
|
COUREER
|
|
KOKI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
Operasional
Manager
Adalah seseorang
yang ditunjuk sebagai kepala dalam operasional restaurant tugas-tugas dari seorang manager, yaitu:
a.
Mengawasi jalannya proses operasional
restaurant
b.
Bertanggungjawab terhadap jalannya
operasional restaurant
c.
Mengkoordinasi bahan-bahan operasional
restaurant
d.
Mengkoordinasi pegawai yang sedang
bertugas
e.
Melakukan prediksi dan ide-ide dalam
mempromosikan restaurant
f.
Mengetahui hasil dari operasional
restaurant
g.
Mengawasi segala kebutuhan operasional
restaurant
h.
Menentukan jumlah operasional restaurant
i.
Bertanggungjawab terhadap proses
produksi operasional restaurant
j.
Memberikan training kepada pegawai
k.
Accounting
2.
Waiter
dan Coureer
Waiter atau
waitress adalah sekelompok orang yang bertugas untuk melayani kebutuhan tamu
caffe. Tugas-tugas mereka antara lain:
a.
Melayani tamu secara operasional
b.
Memperhatikan kebutuhan tamu
c.
Mengetahui produk yang dijual
d.
Bertanggungjawab terhadap opersional
restaurant
e.
Menerima pesanan dari tamu
f.
Membuatkan makanan dan minuman tamu
g.
Menyiapkan makanan dan minuman tamu
h.
Membersihkan peralatan yang kotor
i.
Bertanggungjawab dalam proses produksi
3.
Koki
a.
Memasak makanan untuk tamu restaurant
b.
Menyiapkan pesanan dari tamu
c.
Memberikan pelayanan kepada tamu
restaurant
d.
Bertanggungjawab terhadap produksi
operasional restaurant
e.
Membantu waiter atau wairess
f.
Membantu dalam memberikan pelayanan
kepada tamu restaurant
BAB
VI
RENCANA
ANGGARAN BIAYA
Biaya tanah dan
bangunan : Rp.
350.000.000
Biaya produksi :
Rp. 150.000.000/bulan
Biaya peralatan :
Rp. 150.000.000
Gaji karyawan (2 koki
dan 5 pelayan) : Rp. 25.000.000/bulan
Biaya lain-lain :
Rp. 5.000.000/bulan
Rp. 680.000.000
Pinjaman ke Bank = Rp.
685.000.000
Bunga 2.2% x
685.000.000 =
Rp. 15.070.000
Setoran perbulan selama
3 tahun = Rp. 34.100.000
Setoran perhari =
Rp. 1.150.000
Pengeluaran
perbulan:
Setoran =
Rp. 34.100.000/bulan
Gaji Karyawan =
Rp. 25.000.000/bulan
Biaya Produksi =
Rp. 150.000.000/bulan
Biaya lain-lain =
Rp. 5.000.000/bulan
Rp. 214.100.000/bulan
Pendapatan
perbulan :
Pendapatan Perhari = Pendapatan perhari-pengeluaran perhari
= Rp.
7.400.000 – Rp. 7.150.000
=
Rp. 250.000/hari
Pendapatan Perbulan = Rp. 250.000 X 30
= Rp. 7.500.000/bulan
BAB
VI
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dari pembahasan
diatas bahwa sebuah restoran sunda harus memiliki keunggulan produk yang baik
seperti:
1. Citra
rasa produk yang dihasilkan, kualitas, mutu produk, kebersihan.
2. Cara
penyajian yang lebih unik dan istimewa agar lebih menarik.
3. Ruangan
restoran yang nyaman dengan suasana khas sunda
Demikianlah
proposal usaha ini penulis buat. Semoga proposal ini dapat diterima dan dapat
bermanfaat bagi kita semua, tidak lupa penulis mengucap syukur kepada Allah Swt
karena atas segala rahmat dan hidayah-Nya kami menyelesaikan proposal usaha ini..
Semoga proposal
ini dapat diterima oleh semua pihak karena proposal ini merupakan tahap awal kami
dalam memulai usaha restoran sunda ini. Dengan selesainya proposal usaha ini,
kami berharap dapat segera mewujudkan usaha bisnis yang telah kami rencanakan
ini.
Segala kritik
dan saran yang membangun sangatlah saya harapkan dari semua pihak, karena saya
menyadari bahan atau proposal ini masih jauh dari kata sempurna. Saran dan
kritik tersebut semoga dapat menjadi acuan atau pelajaran bagi kami semua untuk
dapat menjadi lebih baik lagi. Atas segala perhatiannya saya mengucapkan terima
kasih.