Iklan_1

Education & Financial Konsulting

Education & Financial Konsulting
Education & Financial Konsulting

Agrobisnis & Pariwisata

Agrobisnis & Pariwisata
Agrobisnis & Pariwisata

Digital & Network Development

Digital & Network Development
Digital & Network Development

Meraih Mimpi Menjadi Pengusaha Tahun 2016: Propsal Usaha Rumah Makan, Oleh Rika Sumawati



BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Rumah Makan Sunda adalah sebuah restoran yang menjual sajian hidangan sunda yang kaya rasa serta tidak menghilangkan tradisi masakan jawa barat dan unik dengan set up outlet yang nyaman dan menarik. Konsep restoran Sunda ini dengan melihat mobilitas masyarakat yang semakin meningkat dan besarnya pangsa pasar yang sudah terbentuk dan belum banyak yang menyajikan konsep bisnis seperti ini.
Cara bisnis restoran sunda diharapkan dapat menjadi leader dalam menghadapi pesaing-pesaing yang telah ada. Restoran Sunda hadir sebagai nuansa baru bisnis makanan khas Jawa barat yang menjawab permintaan pasar akan adanya layanan yang memungkinkan konsumen dapat menikmati hidangan Jawa barat dengan cita rasa tinggi, dengan harga terjangkau mengingat masakan Jawa barat sangat khas, baik rasa maupun bahannya. Menu masakan Sunda adalah hal yang diambil dalam konsep bisnis ini, dengan menawarkan 10 – 15 menu utama yang mudah dalam penyajian dan telah diterima di konsumen menengah dan bawah sesuai  dengan segmen dan target market kami, namun tidak menutup kemungkinan untuk konsumen kelas atas dapat menikmati masakan restoran Sunda karena rasanya yang alami dari resep tradisional tidak berubah.
Restoran Sunda menjadi penyempurna dengan menawarkan konsep resto maupun outlet sesuai dengan kemampuan mitra bisnis kami, dengan menawarkan 15 resep makanan khas Sunda dengan jenis makanan berat dengan kemasan yang unik kami jual dalam Nasi timbel lengkap yang di daerah asalnya makanan ini sangat digemari karena kepraktisannya.

B.     Visi Misi
Visi :
“ Makana Sunda Dikenal Dunia”
Misi :
1.      Menyajikan makanan istimewa dengan harga dengan harga yang kompetitif
2.      Memberikan pelayanan cepat dan bersahabat
3.      Memberikan suasana yang bersih, asri dan nyaman
C.    Ringkasan Usaha
1.             Biodata Pemilik
Nama Pemilik                : Rika Sukmawati
Alamat                          : Selajambe, Kuningan
          Jenis Kelamin                 : Perempuan
          Tempat/Tanggal Lahir    : Kuningan,  1997
          Agama                           : Islam
          No. Telepon                   : 082315854697
          Email                              : rikasukma37@gmail.com
          Pendidikan Terakhir      : SMK
2.             Manajemen
Nama perusahaan                    : Restoran Sari Sunda
Nama pemilik                          : Rika Sukmawati
Bidang Usaha                          : Bidang Makanan







D.      Tujuan Usaha
1.         Akan melayani segmen pasar masyarakat melalui makanan dan  minuman yang disajikan dengan kualitas baik, higenis dan sehat yang memiliki gizi standar dan makanan kesehatan yang dibutuhkan oleh setiap orang pada umumnya serta kebersihan sesuai dengan perusahaan berorientasi konsumen.
2.         Pembukaan lapang kerja baru bagi masyarakat sekitarnya, terutama dikalangan ibu rumah tangga, dan diantara mahasiswa atau siswa yang membutuhkan pekerjaan sampingan untuk melanjutkan studi.
3.         Sebagai sarana pengelolaan modal sumber daya yang bertujuan untuk membuat keuntungan.
4.         Berlahan-lahan untuk membangun citra konsumen tentang pentingnya diet yang sehat.
















BAB II
PEMBAHASAN

A.      Pemilihan Lokasi Usaha
Pemilihan lokasi usaha restoran ini dipilih tempat yang begitu strategis dimana dekat dengan jalan raya, di dalam moll sehingga dengan begitu dapat memudahkan pengunjung untuk datang.

B.       Perizinan
Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengurus Nomor Pokok wajib Pajak (NPWP). Selanjutnya, lengkapi dengan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Surat Izin Tempat Usaha (SITU), untuk diajukan ke dinas perizinan baik di kecamatan, kabupaten maupun provinsi.

C.      Produk
Produk yang kami jual berupa makanan dan minuman. Berikut ini merupakan rincian dari makanan dan minuman yang tersedia di restoran Sunda :
a.         Makanan
1.      Nasi Putih
2.      Pecak Oncom: adalah salah satu menu andalan yaitu oncom hitam yang kami campur dengan rempah- rempah dan bumbu tradisional .
3.      Pecak Ikan Gabus: ini adalah sebuah menu utama kami yang terbuat dari ikan gabus yang pilihan dengan bumbu yang menghilangkan bau amis ikan tersebut.
4.      Gurame Asam Manis: Merupakan menu yang sangat kita banggakan bumbu asam manis yang membuat lidah kita tidak berhenti bergoyang.
5.      Ayam Bakar Madu : Merupakan ayam bakar dengan siraman madu murni yang asli kita pilih untuk membuat ayam menjadi nikmat.
6.      Ayam Goreng Pejantan: ini adalah dalah satu masakan khas jawa barat karena ayam pejantan yang sulit di temukan sehingga daging ayam nya berbeda rasanya dengan ayam biasa.
7.      Ikan Bakar: kita menyediakan menu ikan bakar sangat unik konsumen dipersilahkan memancing ikan terlebih dahulu baru akan di bakar oleh pelayan kami.
Selain itu menu yang kami sajikan juga tersedia dalam bentuk paket yaitu :
1.       Nasi Timbel Sunda   : Nasi Putih + Empal + sayur asem+ ikan asin + Lalapan
2.      Nasi Bakar Sunda      : Nasi Bakar + Rempah-rempah + Empal + Lalapan
3.      Nasi Paket Sunda 1    : Nasi Putih + Ayam bakar + Ikan asin + Lalapan
4.      Nasi Paket Sunda 2  : Nasi Putih + Ayam Goreng + Sayur asem + Lalapan

b.        Minuman
1.    Aneka Jus
2.    Es Buah Erbis Sari Madu
3.    Es Kelapa Muda Daweg
4.    Air Mineral
5.    Es The Manis
c.         Makanan Ringan
1.    Tahu Goreng
2.    Otak Otak Bakar




d.        Harga
Harga produk kami sesuaikan agar semua kalangan dapat menjadi konsumen kami. Rinciannya antara lain :
1.      Nasi Putih
: Rp. 3000,-
2.      Pecak Oncom
: Rp. 12000,-
3.      Pecak Ikan Gabus        
: Rp. 18000,-
4.      Gurame Asam Manis
: Rp. 25000,-
5.      Ayam Bakar Madu
: Rp. 11000,-
6.      Ayam Goreng Jantan
: Rp. 12.500,-
7.      Ikan Bakar
: Rp. 10.000,-
8.      Nasi Timbel
: Rp. 27.000,-
9.      Nasi Bakar
: Rp. 28.500,-
10.  Nasi paket pasundan 1
: Rp. 25.000,-
11.  Nasi Paket Pasundan 2
: Rp. 16.500,-
12.  Aneka Jus
: Rp. 6000,-
13.  Es Kelapa dawegan
: Rp. 10000,-
14.  Es Teh Manis
: Rp. 2500,-
15.  Air Mineral Botol
: Rp. 3000,-
16.  Tahu Goreng
: Rp. 7000,-
17.  Otak – Otak Bakar
: Rp. 8000,-







BAB III
ANALISIS USAHA
A.      Rencana bisnis
Proses pembuatan menu dan cara penyajian yang bersih dan menarik menjadi andalan di restoran sunda kami. Begitupula dengan harga yang sangat terjangkau dapat meringankan para pembeli khususnya pelajar dan mahasiswa. Untuk pemasaran sendiri kita melakukan berbagai iklan seperti panflet, poster, dan menggunakan cara tradisional yaitu dari mulut ke mulut atau orang ke orang. Begitu juga dilengkapi dengan promo harga murah untuk menarik para konsumen yang datang ke restoran sunda kami. Usaha ini juga akan mengalami perkembangan dengan membuka cabang-cabang di berbagai daerah-daerah.
B.       Analisis SWOT
1.      Strength (kekuatan usaha)
a.       Mempunyai cirri khas menu yang berbeda dengan restoran yang lainnya yaitu special sambel yang menggugah selera makan
b.      Tempatnya strategis dan mempunyai cabang dimana-mana sehingga mudah di kunjungi
c.       Rasanya sangat mantap
d.      Harganya cukup murah, terjangkau, pelayanan memuaskan, rapi dan bersih.

2.      Weaknesess (kelemahan usaha)
a.       Tidak cocok untuk orang yang tidak suka sambel dan makanan sunda
b.      Cabangnya kurang banyak
3.      Opportunities (peluang)
a.       Digemari anak muda dan orang-orang yang suka sambel
b.      Tempat untuk mengekspresikan diri atau menghilangkan BT
c.       Ciri khas menu yaitu sambel menjadikan usaha ini sangat menjanjikan
d.      Cabang yang semakin banyak membawa konsumen mudah mendatanginya
4.      Threats (ancaman)
a.       Banyak saingan diluar sana
b.      Harga yang naik atau tidak stabil bisa membingungkan pengusaha untuk menentukan harga
c.       Cabang warung yang belum menyebar diberbagai daerah



















BAB IV
ASPEK PEMASARAN
A.    Segmentasi
Menurut segmentasi, konsumen kami terdiri dari :
    Menengah atas,
    Kalangan ekonomi menengah,
    Kalangan ekonomi menengah ke bawah dan
    Kalangan ekonomi bawah.
   
B.     Target Pasar
     Target pasar merupakan kunci penting untuk diperhatikan. Sudah menjadi kelaziman bahwa usaha katering bekerja berdasarkan pesanan. Kegiatan produksi dimulai apabila telah pesanan telah diterima. Apabila tidak ada pesanan, kegiatan produksi perusahaan katering tidak bekerja. Yang bekerja sepanjang tahun atau selama bisnis itu hidup adalah  pemasaran, keuangan dan administrasi.
a.       Estimasi Target Pasar :
1.             Jumlah target pasar tercakup semua kalangan masyarakat, segala usia, umumnya yang berdomisili di daerah kota Cirebon dan sekitarnya serta wisatawan lokal maupun internasional.
2.             Karakteristik target pasar  umunya semua kalangan yang tidak hanya mencari tempat untuk makan tetapi sekaligus untuk berkumpul dengan kawan, keluarga serta sarana bermain untuk keluarga.
b.      Promosi
Kegiatan yang dilakukan untuk memperkenalkan The Bento di masyarakat adalah dengan cara promosi, antara lain :
1.  Membuat iklan di surat kabar,
2.  Menyebarkan baligo
3.  Di iklankan melalui media internet.
c.       Distribusi
Dengan harga jual per porsi mulai dari Rp. 18000 , - Restoran Sunda membidik pasar menegah dan menegah kebawah.
Lokasi penjualan yang bisa digunakan adalah:
-     Pusat keramain
-     Sekolahan / kampus
-     Tempat hiburan / rekreasi
Serta tempat lain yang sesuai dengan segmen pasar yang dituju





















BAB V
PENGORGANISASIAN


MANAGER OPERASIONAL






WAITER

COUREER

KOKI















1.        Operasional Manager
Adalah seseorang yang ditunjuk sebagai kepala dalam operasional restaurant  tugas-tugas dari seorang manager, yaitu:
a.       Mengawasi jalannya proses operasional restaurant
b.      Bertanggungjawab terhadap jalannya operasional restaurant
c.       Mengkoordinasi bahan-bahan operasional restaurant
d.      Mengkoordinasi pegawai yang sedang bertugas
e.       Melakukan prediksi dan ide-ide dalam mempromosikan restaurant
f.       Mengetahui hasil dari operasional restaurant
g.      Mengawasi segala kebutuhan operasional restaurant
h.      Menentukan jumlah operasional restaurant
i.        Bertanggungjawab terhadap proses produksi operasional restaurant
j.        Memberikan training kepada pegawai
k.      Accounting
2.        Waiter dan Coureer
Waiter atau waitress adalah sekelompok orang yang bertugas untuk melayani kebutuhan tamu caffe. Tugas-tugas mereka antara lain:
a.       Melayani tamu secara operasional
b.      Memperhatikan kebutuhan tamu
c.       Mengetahui produk yang dijual
d.      Bertanggungjawab terhadap opersional restaurant
e.       Menerima pesanan dari tamu
f.       Membuatkan makanan dan minuman tamu
g.      Menyiapkan makanan dan minuman tamu
h.      Membersihkan peralatan yang kotor
i.        Bertanggungjawab dalam proses produksi
3.        Koki
a.       Memasak makanan untuk tamu restaurant
b.      Menyiapkan pesanan dari tamu
c.       Memberikan pelayanan kepada tamu restaurant
d.      Bertanggungjawab terhadap produksi operasional restaurant
e.       Membantu waiter atau wairess
f.       Membantu dalam memberikan pelayanan kepada tamu restaurant










BAB VI
RENCANA ANGGARAN BIAYA

Biaya tanah dan bangunan                             : Rp. 350.000.000
Biaya produksi                                               : Rp. 150.000.000/bulan
Biaya peralatan                                              : Rp. 150.000.000
Gaji karyawan (2 koki dan 5 pelayan)           : Rp.   25.000.000/bulan
Biaya lain-lain                                                : Rp.     5.000.000/bulan
                                                                         Rp. 680.000.000

Pinjaman ke Bank                                          = Rp. 685.000.000
Bunga 2.2% x 685.000.000                           = Rp.   15.070.000
Setoran perbulan selama 3 tahun                   = Rp.   34.100.000
Setoran perhari                                               = Rp.     1.150.000


Pengeluaran perbulan:
Setoran                                                           = Rp.   34.100.000/bulan
Gaji Karyawan                                               = Rp.   25.000.000/bulan
Biaya Produksi                                               = Rp. 150.000.000/bulan
Biaya lain-lain                                                = Rp.    5.000.000/bulan
                                                                          Rp. 214.100.000/bulan
Pendapatan perbulan :
Pendapatan Perhari     = Pendapatan perhari-pengeluaran perhari
                                    = Rp. 7.400.000 – Rp. 7.150.000
                                    = Rp. 250.000/hari
Pendapatan Perbulan  = Rp. 250.000 X 30
                                     = Rp. 7.500.000/bulan
BAB VI
PENUTUP

A.      Kesimpulan
Dari pembahasan diatas bahwa sebuah restoran sunda harus memiliki keunggulan produk yang baik seperti:
1.      Citra rasa produk yang dihasilkan, kualitas, mutu produk, kebersihan.
2.      Cara penyajian yang lebih unik dan istimewa agar lebih menarik.
3.      Ruangan restoran yang nyaman dengan suasana khas sunda
Demikianlah proposal usaha ini penulis buat. Semoga proposal ini dapat diterima dan dapat bermanfaat bagi kita semua, tidak lupa penulis mengucap syukur kepada Allah Swt karena atas segala rahmat dan hidayah-Nya kami menyelesaikan proposal usaha ini..
Semoga proposal ini dapat diterima oleh semua pihak karena proposal ini merupakan tahap awal kami dalam memulai usaha restoran sunda ini. Dengan selesainya proposal usaha ini, kami berharap dapat segera mewujudkan usaha bisnis yang telah kami rencanakan ini.
Segala kritik dan saran yang membangun sangatlah saya harapkan dari semua pihak, karena saya menyadari bahan atau proposal ini masih jauh dari kata sempurna. Saran dan kritik tersebut semoga dapat menjadi acuan atau pelajaran bagi kami semua untuk dapat menjadi lebih baik lagi. Atas segala perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.







Share Post:

Yogi Iskandar


Yogi Iskandar

Yogi Iskandar

Sponsor By:

SUBSCRIBER


SUBSCRIBER

Iklan_Foot